Enjang.com

Situs Informasi dan Teknologi

Menu

Menggunakan perintah autofilter excel

6 Juni 2014 | Office

Menggunakan perintah autofilter excel. Melanjutkan artikel Pengolahan database menggunakan list, pada posting ini teknik excel2007 akan membahas menggunakan perintah autofilter. Data filter digunakan untuk menyaring data berupa kriteria tertentu, dengan langkah sebagai berikut:

1. Buatlah data tabel, lalu blok semua field/judul kolom tabel.

2. Pada Ribbon Data, pilih group Sort & Filter, dan pilih Filter.

3. Dengan begitu, di sudut kanan bawah setiap judul akan ditampilkan tanda panah ke bawah.

Cara menggunakan fasilitas AutoFilter adalah dengan mengklik tanda panah ke bawah pada field atau judul kolom yang akan disaring. Pada tahap ini, menu yang ditampilkan berbeda, tergantung data yang akan disaring. Di bawah beberapa kasus yang bisa anda perhatikan:

a. Jika data yang disaring berupa karakter atau teks

Pilih menu Text Filters, lalu tentukan kriteria yang diinginkan. Misalnya, pilih kriteria Begin With (contoh data yang akan ditampilkan adalah data siswa yang berawalan huruf H).

b. Jika data yang disaring berupa tanggal

Jika data yang disaring berupa tanggal, pilih menu Date Filters dan tentukan kriteria yang diinginkan. Misalnya, pilih kriteria Before dan tampilkan data siswa yang lahirnya sebelum 1 Januari 1990.

c. Jika data yang disaring berupa angka

Jika data yang disaring adalah angka, pilih menu Number Filters dan tentukan kriteria yang diinginkan. Misal, pilih menu Greater Than.

Related For Menggunakan perintah autofilter excel