Enjang.com

Situs Informasi dan Teknologi

Menu

Menghilangkan ketombe secara alami

14 Maret 2015 | Health

Menghilangkan ketombe secara alami. Rambut merupakan mahkota dari manusia. Maka dari itu manusia rela merogoh koceknya dalam-dalam demi merawat rambutnya. Salah satu hal yang sering dikeluhkan adalah munculnya ketombe di rambut. Selain membuat gatal, ketombe juga identik dengan rambut yang kotor. Tentu saja, kemunculan ketombe ini membuat rasa percaya diri menjadi berkurang.

Sebenarnya ketombe ini adalah sel-sel dari kulit kepala yang telah mati dan mengelupas lalu menumpuk di kepala. Lalu bagaimana cara menghilangkannya? Sebenarnya tidak sulit menghilangkan ketombe ini, yang penting anda telaten dan teratur dalam melakukannya, lama kelamaan ketombe itu akan hilang. Nah, disini kami akan memberikan beberapa macam cara dalam menghilangkan ketombe ini secara alami.

Cara menghilangkan ketombe secara alami

1. Keramas secara rutin

Lakukanlah keramas secara rutin dua kali sehari dengan menggunakan shampo dan conditioner anti ketombe atau anti dandruf. Bila perlu anda juga bisa menggunakan tonic. Dalam keramas, bilaslah rambut anda hingga benar-benar bersih, karena sisa shampo yang masih menempel di rambut bisa menimbulkan munculnya ketombe. Selain itu, jagalah rambut dari keringat yang berlebih atau lembab. Jika anda merasa rambut anda lepek atau lembab, segeralah untuk keramas.

2. Lidah buaya

Lidah buaya ini terbukti efektif menjaga kecantikan dan kesehatan manusia. Untuk menghilangkan ketombe, cara yang harus anda lakukan adalah ambil daging lidah buaya, haluskan, lalu oleskan di kepala anda sambil pijat dengan lembut. Tunggu hingga kurang lebih 15 menit, lalu basuh atau bersihkan kepala anda sampai bersih.

3. Cuka

Caranya: siapkan cuka dan air dengan ukuran perbandingan yang sama. Aduk hingga tercampur rata, lalu oleskan di kulit kepala. Tutup kepala dengan handuk, lalu diamkan hingga semalaman. Esok paginya, bersihkan kepala atau keramaslah hingga bersih. Lakukan kegiatan ini pada malam hari menjelang tidur.

4. Daun pandan

Caranya: ambil daun pandan sekitar 5-7 helai daun. Cuci bersih lalu haluskan. Letakkan daun pandan yang sudah halus tadi didalam wadah, lalu campur dengan sedikit air. Langkah selanjutnya adalah diperas. Gunakan air perasan tadi untuk mengusap kulit kepala anda lalu biarkan hingga kurang lebih 20-30 menit. Bilas rambut anda hingga bersih

5. Jeruk nipis, nanas dan santan

Caranya: Peras jeruk nipis hingga keluar airnya, sisihkan dalam wadah. Haluskan nanas lalu peras juga hingga keluar tersisa airnya, sisihkan dalam wadah. Siapkan santan. Campur air perasan jeruk nipis, air perasan buah nanas dan santan hingga rata, lalu basuhkan di kepala anda hingga merata. Bilas rambut dengan menggunakan shampo sampai bersih. Untuk hasil yang maksimal, lakukan secara rutin 2 kali dalam seminggu.

6. Jus apel

Caranya: siapkan kurang lebih 3 buah jus apel, lalu buatlah jus dengan mencampur apel tadi dengan air hangat. Gunakan jus apel untuk keramas, diamkan rambut anda kurang lebih 15 menit, lalu bersihkan rambut.

7. Minyak zaitun

Caranya: oleskan minyak zaitun secara merata pada kulit kepala sambil dipijit-pijit, bungkus kepala dengan menggunakan handuk. Biarkan hingga kurang lebih satu jam, lalu bilas rambut hingga bersih. Minyak zaitun ini dijual bebas, dan dapat anda dapatkan di apotek atau supermarket terdekat di tempat anda.
Demikian tips singkat dari kami, mudah-mudahan bermanfaat bagi anda.

Related For Menghilangkan ketombe secara alami