Enjang.com

Situs Informasi dan Teknologi

Menu

Mengolah persegi empat dan bujur sangkar

14 Juni 2014 | Coreldraw

Mengolah persegi empat dan bujur sangkar. Dengan coreldraw anda dapat menggambar persegi empat mulai dari titik tenga ke arah luar dengan cara menahan tombol Shift pada saat menggambar. Anda juga dapat menggambar bujur sangkar mulai dari posisi titik tengah ke arah luar dengan menahan tombol Shift+Ctrl pada saat menggambar.

Anda dapat menggambar persegi empat yang akan menutup seluruh halaman gambar, yaitu dengan mengklik 2x tombol Rectangle pada bagian Toolbox.

Mengolah persegi empat dan bujur sangkar

Selain itu, anda bisa menumpulkan sudut-sudut sebuah objek persegi empat atau bujur sangkar dengan menentukan nilai menurut keinginan dengan Corner Roundness pada property bar.

Langkah mengolah persegi empat dan bujur sangkar

Langkah jelasnya sebagai berikut:

1. Klik salah satu objek persegi empat atau bujur sangkar yang telah dibuat.

2. Ketik nilai-nilai pada bagian Corner Roundness pada property bar untuk menumpulkan setiap sudut objek kotak.

3. Matikan fungsi dari tombol Round Corners Together pada property bar, ubah nilai sudut pada bagian yang anda inginkan. Misalnya saja pengaturannga seperti gambar di bawah:

Mengolah persegi empat dan bujur sangkar

Maka jadinya akan seperti ini:

Mengolah persegi empat dan bujur sangkar

4. Untuk mendapatkan ketumpulan sudut yang sama pada semua sudut, klik tombol Round Corners Together pada property bar dan ketikkan nilai sudut pada salah satu kotak pengatur, lalu tekan Enter.

Mengolah persegi empat dan bujur sangkar

5. Untuk mengatur ketumpulan sudut default, pilih Menu Tools > Options, klik dua kali toolbox dalam daftar kategori, klik tombol Rectangle, dan geser slider serta masukkan sebuah nilai.

Related For Mengolah persegi empat dan bujur sangkar