Enjang.com

Situs Informasi dan Teknologi

Menu

Meningkatkan keamanan windows vista

27 Juni 2014 | Komputer

Meningkatkan keamanan windows vista. Sadarkah anda bahwa komputer anda selalu berada dalam berbagai ancaman, seperti: virus, trojan horse, spam, dan berbagai bentuk pelanggaran lainnya. Untuk itu perlu anda meningkatkan keamanan komputer anda. Ada beberapa cara untuk meningkatkan keamanan komputer anda, antara lain:

1. Menginstal sofware antivirus.

2. Men-set password yang kuat untuk semua account anda.

Password adalah pertahanan utama untuk sebuah sistem komputer. Tidak hanya berlaku untuk sistem Windows vista saja, tetapi hampir semua platform.

Password akan sangat terasa dibutuhkan manakala kita melakukan sharing file-file dan informasi antar komputer dalam jaringan. Perhatian tentang password sebenarnya tidak terlepas dari usaha user-user itu sendiri dalam memilih password yang baik. Seringkali insiden-insiden terjadi akibat keteledoran user itu sendiri. Pasword yang baik dapat dikatakan password yang kuat jika sulit ditiru, ditebak atau rusak.

3. Gunakan transfer file yang secure

Saat menstransfer file-file melintasi internet, kita hendaknya menggunakan metode transfer yang secure. Penggunaan aplikasi SSH dan SFTP dapat menyandikan dan memproteksi data-data, termasuk pasword-pasword anda. Jika kita menggunakan Telnet normal atau program FTP tak secure, informasi sangat berpeluang disabotase.

4. Matikan account-account guest

Secara default, account guest dimatikan dalam windows vista. Meski begitu, kita perlu memeriksanya kembali. Karena account-account guest dapat memberikan informasi bagi intruder sehingga mengancam komputer.

5. Menerapkan Microsoft Baseline Security Analyzer (MBSA)

Apabila perlu, download Microsoft Baseline Security Analyzer (MBSA). Aplikasi ini memberikan cara efektif untuk mengidentifikasi miskonfigurasi-miskonfigurasi umum menyangkut sekuriti sistem windows. MBSA akan memindai (scan) sistem operasi beserta komponen-komponen yang terinstal, mendeteksi miskonfigurasi sistem dan kesalahan update-update sekuriti.

6. Matikan IPv6 Support.

7. Gunakan Windows Security Center.

8. Aktifkan Firewall.

9. Aktifkan Automatic Updating.

10. Aktifkan Malicious sofware.

11. Setting Sekurity Internet pada level yang aman.

12. Gunakan Windows Defender.

13. Aktifkan User Account Control (UAC).

14. Back-up secara berkala file-file anda.

“Selamat mencoba”

Related For Meningkatkan keamanan windows vista