Enjang.com

Situs Informasi dan Teknologi

Menu

Meningkatkan kinerja excel 2007

22 Juni 2014 | Office

Meningkatkan kinerja excel 2007. Untuk mengoptimalkan kinerja microsof excel 2007 anda bisa menggunakan beberapa fasilitas tambahan. Dengan pengoptimalan fasilitas tersebut diharapkan anda lebih mudah dan cepat ketika bekerja dengan data excel2007. Beberapa fasilitas tersebut antara lain: fasilitas View, pengaturan setting pencetakan dan Frezee Panes. Untuk lebih jelasnya, kita akan bahas satu persatu. Berikut penjelasannya:

Fasilitas microsof excel 2007

Fasilitas View

Fungsi view digunakan untuk mengatur tampilan lembar kerja pada layar monitor. Untuk memperoleh tampilan dari fitur ini, pilih Ribbon View dan klik Page Layout hingga diperoleh tampilan toolbar view. Anda juga bisa menampilkan lembar kerja dalam bentuk Full Screen dengan memilih Ribbon View, lalu klik Full Screen.

Untuk mengoptimalkan tampilan lembar kerja, anda bisa menghilangkan bagian lembar kerja yang dirasa tidak perlu, misal Ruler, Formula bar, atau bagian Heading. Untuk menghilangkannya, centang group Show/Hide. Sementara untuk mengatur Zooming pada lembar kerja, anda bisa memanfaatkan tool yang menjadi bagian dari group Zoom.

Jika bekerja pada workbook yang berbeda, ada satu fasilitas dari Microsoft Excel 2007 yang digunakan untuk melakukan navigasi dengan cepat, yaitu: Switch Window. Cara menggunakan fasilitas ini adalah:

1. Aktifkan atau buka beberapa workbook.

2. Pada baris menu, pilih Ribbon View.

3. Kemudian, pilih group Window > Switch Window dan pilih workbook yang akan ditampilkan.

b. Mengatur setting pencetakan

Setelah bekerja dengan workbook, tahap selanjutnya adalah mencetak lembar kerja. Microsoft Excel 2007 menyediakan beberapa fasilitas untuk mengatur pencetakan, di antaranya adalah mengatur area pencetakan dan menentukan setting pencetakan.

Pengaturan akhir pencetakan biasanya digunakan jika anda bekerja dengan beberapa tabel. Jika ingin mencetak satu tabel gunakan langkah berikut:

1. Blok area tabel yang akan dicetak.

2. Pilih Ribbon Page Layout.

3. Pada group Page Setup, pilih Print Area > Set Print Area hingga muncul tampilan tabel yang akan tercetak.

Microsoft Excel 2007 juga menyediakan fasilitas untuk memperkecil layout dokumen saat dicetak. Memperkecil layout dimaksudkan bila kertas tidak muat menampung dokumen. Untuk itu lakukan cara berikut:

1. Tampilkan layout lembar kerja dengan mengklik icon logo office, lalu pilih Print > Print Preview.

2. Akan tampil kotak dialog Page Setup, klik tab Page dan aktifkan opsi Fit To untuk mendapatkan dokumen sebanyak satu halaman. Anda dapat juga mengatur persentase ukuran lembar kerja pada bagian Adjust to.

c. Teknik bekerja dalam dokumen panjang

Ketika bekerja menggunakan dokumen panjang dan jumlah field yang cukup banyak, pastinya anda akan mengalami kesulitan dalam input atau pengecekan data. Untuk mengatasi hal ini Microsoft Excel 2007 menyediakan fasilitas dengan Split dan Freeze Panes. Fasilitas Split digunakan untuk menampilkan beberapa tabel dalam satu layar (juga digunakan untuk membandingkan beberapa tabel).Cara menggunakan fasilitas Split sebagai berikut:

1. Tempatkan sel pointer di tengah lembar kerja.

2. Pilih Ribbon View, lalu pilih group Window > Split.

Dengan begitu lembar kerja akan ditampilkan menjadi 4 bagian. Jika ingin menggeser lembar kerja ke salah satu bagian, klik Split yang diinginkan dan geser ke arah vertikal atau horisontal pada scroll bar.

Fasilitas lainnya adalah Freeze Panes. Fasilitas ini memungkinkan anda untuk tidak perlu bersusah payah saat menggeser lembar jika sedang bekerja dengan workbook yang memiliki jumlah field yang banyak atau data yang panjang. Untuk menggunakan fasilitas Freeze Panes, berikut langkahnya:

1. Tempatkan sel pointer pada data pertama tabel.

2. Kemudian, pilih Ribbon View pada group Window > Freeze Panes.

3. Setelah itu, pilih salah satu bentuk Freeze Panes yang diinginkan. Di sana ada 3 pilihan, yaitu:

  • Freeze Panes: digunakan jika anda bekerja dengan data panjang dan jumlah field cukup banyak.
  • Freeze Top Row: digunakan jika anda bekerja dengan jumlah data yang cukup panjang.
  • Freeze First Column: digunakan jika anda bekerja dengan jumlah field cukup banyak.

Related For Meningkatkan kinerja excel 2007