Enjang.com

Situs Informasi dan Teknologi

Menu

Menjaga kebugaran dan kelenturan tubuh menurut usia

8 Maret 2013 | Health

Menjaga kebugaran dan kelenturan tubuh menurut usia. Usia boleh lanjut, tetapi fisik tetap harus sehat. Bagaimana agar selalu fit dan tampak 10 tahun lebih muda? Jawabnya, tingkatkan kebugaran anda. Jika anda terengah-engah atau merasa pegal setelah jalan cepat atau lari-lari kecil, maka sudah saatnya memperbaiki kebugaran.

Cobalah menaiki tangga. Ngos-ngosan atau tidak, itu akan ditentukan oleh efisiennya jantung dan paru-paru menyalurkan oksigen ke otot-otot yang anda punya. Menurut para pakar kesehatan olah raga, semakin tinggi kebugaran aerobik (kardiovaskuler) anda, maka semakin kuatlah jantung dan paru-paru menyalurkan oksigen. Artinya, kebutuhan oksigen bagi otot akan selalu cukup sehingga anda tidak akan terengah-engah.

Untuk menjaga agar tetap bugar para pakar kesehatan memberikan petunjuk menurut usia sebagai berikut:
1. Usia 20-an
Kapasitas aerobik anda belum menurun diusia ini meski tidak melakukan latihan oleh raga secara teratur. Tentu saja bila melakukan oleh raga, anda akan memiliki kapasitas aerobik yang lebih tinggi.

2. Usia 30-an
Kebanyakan kapasitas aerobik mulai menurun pada saat memasuki usia ini. Jika tidak berlatih olehraga anda akan memiliki kebugaran kardiovaskuler 9% lebih rendah daripada di saat anda berusia 20-an tahun. Jika melakukan latihan aerobik, kekurangan anda mungkin hanya 5% saja. Dan jika sekarang melakukan latihan-latihan itu dalam kapasitas yang sama dengan beberapa dekade yang lalu, maka kebugaran semakin besar atau tidak akan berkurang sama sekali.

3. Usia 40-an
Jika anda tidak melakukan latihan-latihan olah raga, kapasitas aerobik akan lebih rendah 18% dibanding pada saat anda berusia 20-an. Orang yang selalu melakukan latihan-latihan oleh raga secara teratur, mungkin hanya akan mengalami sedikit penurunan kebugarannya. Sedangkan jika baru melakukan aktivitas aerobik pada usia ini tidak akan menyamai orang yang melakukan latihan olah raga teratur.

Yang anda perlukan adalah lakukan latihan aerobik selama 30 menit 3 kali setiap minggu. Ini akan meningkatkan kondisi sistem kardiovaskuler secara nyata. Latihan ini harus dilakukan dengan cukup keras, sehingga akan bernafas dalam-dalam, tetapi tidak sampai kehabisan nafas. Latihan jalan, berlari, senam aerobik, bersepeda, berenang, serta naik turun tangga adalah pilihan yang baik untuk ini.

Related For Menjaga kebugaran dan kelenturan tubuh menurut usia