Enjang.com

Situs Informasi dan Teknologi

Menu

Menulis wacana argumentasi

19 Januari 2014 | Sastra

Menulis wacana argumentasi. Karangan argumentasi bertujuan meyakinkan pembaca agar pembaca membenarkan pendapat, gagasan, sikap, dan keyakinan yang kita tuangkan dalam sebuah karangan. Agar pembaca membenarkan apa yang kita kemukakan, pengarang harus memberikan alasan-alasan yang kuat.

Hal itu sesuai dengan makna kata argumentasi itu sendiri, yaitu alasan. Untuk memperkuat alasan yang mendasari gagasan, kita menyajikan fakta-fakta berupa contoh, bukti, angka, peta, statistik, grafik, organigram, dan sebagainya.

Sebagai contoh kita mencoba membahas topik “Pentingnya swasembada bahan makanan untuk kepentingan ketahanan dan pertahanan negara”.

Langkah pertama kita mencoba menginventarisasi pokok-pokok pikiran yang dapat dikembangkan dari topik tersebut di atas. Banyak pokok pikiran dapat kita kemukakan, misalnya :
1. Bahan makanan merupakan salah satu kebutuhan pokok masyarakat.
2. Penduduk negara kita jumlahnya sangat besar, sementara persediaan bahan makanan terbatas.
3. Terbatasnya bahan makanan dapat menimbulkan kerawanan.
4. Kerawanan berpengaruh besar terhadap ketahanan dan pertahanan negara.
5. Perlu digalakkan berbagai usaha untuk dapat berswasembada dalam hal bahan makanan.

Pokok-pokok pikiran di atas dapat kita kembangkan lebih terinci lagi, dan kemudian kita susun menjadi sebuah kerangka karangan. Kerangka yang sudah terperinci sangat memudahkan kita dalam menyusun karangan.

Cobalah susun kerangka karangan berdasarkan pokok-pokok pikiran di atas, kemudian susunlah karangan anda selengkapnya. Anda juga bisa mengambil topik yang lain sesuai dengan latar belakang anda yang mungkin lebih anda kuasai, sehingga tidak menyulitkan nantinya ketika menulis.

tags:

Related For Menulis wacana argumentasi