Enjang.com

Situs Informasi dan Teknologi

Menu

Merangsang otak mencegah kepikunan

3 April 2013 | Health

Merangsang otak mencegah kepikunan. Otak anda tidak sama dengan otot (kekuatan). Latihlah otak anda, niscaya ia akan bertambah besar dan lebih kuat. Tidak ada gunanya membuat tubuh seperti 20 tahun jika kemampuan mental perlahan-lahan menurun ke arah kepikunan.

Para pakar mengatakan tantangan dapat menajamkan cara berpikir anda. Dalam salah satu dari 4 kajian, orang tua yang sehat yang tetap bekerja, yang dengan sukarela bekerja atau berkebun, memiliki aliran darah yang lebih banyak di dalam otak mereka dan secara mencolok IQ mereka jauh lebih baik ketimbang usia sebayanya yang tidak aktif.

Para peneliti menyarankan bahwa orang yang pikirannya tetap tajam sampai usia tua hidupnya akan lebih lama. Guna membuat otak anda terangsang, sibukanlah diri anda dengan hobi dan teka-teki silang yang berbeda dari tugas pokok anda. Hobi dan teka-teki ini akan membuat otak anda bekerja dengan gaya yang baru dan memiliki keuntungan tambahan relaksasi.

Sosialisasi dalam jenis apapun membuat otak terdorong untuk berbincang. Membaca macam-macam koran memberi perspektif yang berbeda terhadap kejadian atau masalah yang sama. Anda juga akan menjaga otak tetap sehat dengan membuat tubuh anda sehat.

Latihan aerobik dalam jangka lama telah terbukti membantu mental para orang lanjut usia. Sebuah kajian di Australia menemukan bahwa laki-laki berusia 60 tahun dan diatasnya yang melakukan olahraga secara teratur selama 5 tahun atau lebih memiliki nilai yang lebih tinggi ketimbang mereka yang tidak berolah raga dalam tes pengukuran kecepatan mental dan daya ingat.

Related For Merangsang otak mencegah kepikunan