Enjang.com

Situs Informasi dan Teknologi

Menu

Merekam TV str*ming dengan IDM

31 Desember 2013 | Internet

Merekam TV. Tv str*ming adalah televisi yang dapat disaksikan melalui jaringan internet. Seiring dengan banyaknya pengguna internet di Indonesia, saat ini sudah hampir semua stasiun tv memilikinya. Misalnya saja TV One, SCTV, RCTI dan sebagainya.

Mungkin saja pada suatu saat anda ingin mengabadikan sebuah siaran tv, maka dengan internet siaran tersebut dapat disimpan langsung ke komputer. Atau mungkin saja anda pernah melihat di youtube sebuah rekaman siaran televisi di upload di sana.

Sebagai contoh pada waktu Fatin  Shidqia Lubis menyanyi dari pertama hingga dia menjadi juara pada X Factor Indonesia yang disiarkan RCTI.

Pada kesempatan ini saya akan sedikit berbagi tentang bagaimana merekam siaran televisi str*ming menggunakan IDM (Internet Download Manager). Memang idm tidak hanya digunakan untuk mendownload file biasa, namun juga bisa digunakan untuk merekam tv str*ming.

Yang paling pertama anda lakukan adalah pastikan idm sudah terinstall di komputer dengan sempurna. Selanjutnya pastikan juga komputer memiliki koneksi internet yang cukup, artinya koneksi internet anda tidak terputus-putus. Minimal jaringan yang anda terima 3G atau HSDPA. Bagi yang letaknya di pedesaan seperti saya biasanya hanya jaringan Telkomsel yang menjangkau jaringan ini.

Setelah siap, pergi ke TV str*ming yang akan direkam, misalnya saja TV One yang bisa anda akses langsung di situs resminya http://www.tvonenews.tv/str*ming.

Klik Play untuk memainkan. Secara otomatis panel idm akan muncul, lalu klik panel tersebut untuk mulai merekam.

panel star idm

Sekedar untuk test pertama, klik Stop. Jika muncul peringatan klik Yes, kemudian Open folder. Anda akan langsung di bawa ke folder penyimpanan idm.

panel stop idm

Agar lebih mudah untuk mengaksesnya pindahkan video hasil rekaman ke folder tertentu. Menurut pengalaman saya, video nya tidak bisa dimainkan menggunakan K-Lite, tetapi bisa di mainkan dengan VLC media player.

Maka, agar bisa dimainkan di K-Lite dan nantinya bisa lebih ringan diupload di youtube silahkan convert dulu menjadi video berformat flv. Setelah diconvert lihatlah hasilnya, semoga berhasil.

Related For Merekam TV str*ming dengan IDM