Enjang.com

Situs Informasi dan Teknologi

Menu

Motivasi kunci keberhasilan mendidik anak

23 Juli 2012 | Intelegensi

Motivasi kunci keberhasilan mendidik anak. Membesarkan dan mendidik anak memang gampang-gampang susah. Meskipun berbagai buku bisa kita jadikan penuntun praktis, namun pada prakteknya masih banyak sekali masalah yang diluar dugaan dan ternyata tidak gampang diatasi. Ada orang tua yang lebih menekankan kedisiplinan dengan menerapkan aturan ketat. Ada juga yang begitu longgarnya orang tua menyerahkan segala sesuatunya kepada anak.\

Kriteria berhasil tidaknya seorang anak, penekanannya lebih pada keberhasilan anak menempuh jenjang-jenjang pendidikan formal dan kemampuan anak menduduki posisi yang seara ekonomis menguntungkan. Kepedulian anak pada masalah-masalah sosial dan kekritisannya pada lingkungan sekelilingnya, nyaris tidak lagi menjadi salah satu kriteria keberhasilan

Apakah yang sanggup mendorong anak berhasil dalam pendidikan? Faktor yang paling menentukan keberhasilan anak dalam studinya bukan terletak pada disiplin belajar semata, tetapi lebih pada motivasi si anak untuk belajar dan kemampuan anak memahami metode belajar.

Motivasi itulah yang sebenarnya melahirkan kemauan dan energi. Kepala keluarga yang pandai mengarahkan obrolan keluarga menjadi sebuah seminar kecil, dimana setiap individu dihargai pendapatnya, pasti lebih baik daripada yang otoriter.

Selain menumbuhkan motivasi belajar, memupuk minat membaca pada anak juga merupakan modal keberhasilan seorang anak dalam menempuh pendidikan. Motivasi dapat juga muncul akibat si anak membaca biografi orang-orang sukses atau orang-orang pandai di dunia. Ensiklopedi juga tak kalah penting, karena itu dapat memperluas pengetahuan.

Mendisiplinkan anak untuk belajar secara terjadwal itu bagus, tetapi jika terlalu lama justru akan menjadikan anak sulit memasukkan apa yang telah ia baca dan pelajari. Manusia bukan robot yang tak kenal lelah. Setiap individu mempunyai batas-batas kemampuan. Belajar selagi otak masih cukup cerah untuk menyerap ilmu, dan hentikanlah selagi jaringan otak sudah kehabisan energi.

tags:

Related For Motivasi kunci keberhasilan mendidik anak