Enjang.com

Situs Informasi dan Teknologi

Menu

Ogoh-ogoh ditetapkan sebagai salah satu agenda budaya Kota Surabaya

21 Maret 2015 | Info

Ogoh-ogoh ditetapkan sebagai salah satu agenda budaya Kota Surabaya. Tri Rismaharini yang menjabat sebagai Wali Kota Surabaya sempat ngakak melihat salah satu ogoh-ogoh tikus yang membawa uang di tangannya. Patung itu mengisyaratkan sifat buruk manusia yang masih suka mengeruk uang negara seperti yang terjadi di negeri ini dari puluhan tahun yang lalu.

Risma menghadiri upacara Tawur Agung Kesanga, di Monumen Tugu Pahlawan, Surabaya, Jumat kemarin 20 Maret 2015. Beliau memberikan pujian atas kekreatifan umat Hindu ini, Berawal dari itu, Risma menetapkan pawai ogoh-ogoh sebagai salah satu agenda budaya Kota Surabaya. Dengan begitu di harapkan upacara menjelang hari raya Nyepi itu dapat menarik minat lebih bagi para wisatawan, baik wisatawan dalam atau luar negeri.

Upacara Hindu yang dinamakan Tawur Agung Kesanga tersebut dihadiri ratusan umat Hindu dari berbagai susut kota, seperti Surabaya, Gresik, Mojokerto, Sidoarjo, maupun Pasuruan. Upacara dibuka dengan bersama-sama memanjatkan do’a, penyucian sesajen, dilanjutkan mengarak patung ogoh-ogoh keliling Tugu Pahlawan di Surabaya.

Setelah hari menjelang sore, tiga ogoh-ogoh tersebut akan dibakar di Pura Segara, di Pantai Kenjeran, Surabaya. Tahun ini penyelenggara hanya menyiapkan tiga patung ogoh-ogoh. Yang maksudkan penyelenggara agar waktu upacara lebih singkat.

Perayaan Tawur Agung Kesanga tahun ini bertepatan dengan hari Jumat, yang dapat dijadikan sebagai media penghormatan kepada umat Muslim yang akan melaksanakan shalat Jumat,

tags:

Related For Ogoh-ogoh ditetapkan sebagai salah satu agenda budaya Kota Surabaya

Recent Post

Pada hari Selasa tanggal 8…
Benign chronic bullous disease of…
Herpes gestationis is a rankling…
Dermatitis herpetiformis is an endless…

Kategori