Enjang.com

Situs Informasi dan Teknologi

Menu

Pembelajaran siswa berbasis online

28 September 2013 | Internet

Pembelajaran siswa berbasis online. Tak dapat dibendung kemajuan dunia teknologi saat ini. Baik perkembangan dunia komputer maupun gadget. Coba lihat di sekitar anda, siap yang tidak memiliki handphone. Saya yakin hampir setiap rumah memilikinya. Bahkan tak sedikit saya lihat anak-anak sudah pandai mengoperasikan ponsel pintar android.

Lalu apa hubungannya dengan dunia pendidikan? Suatu saat teman pernah bercerita bahwa anaknya sekarang males megang buku. Setiap ada tugas dari sekolah dia selalu membuka tablet untuk menyelesaikan PRnya.

Dari contoh tersebut lalu saya berfikir, “seandainya setiap pendidik memiliki sebuah blog untuk pembelajaran bagi siswanya”. Bukankah seorang pendidik lebih cepat memberikan materi bagi muridnya? Sang gurupun tak harus terlalu banyak bicara untuk menyampaikan pelajaran, siswa disuruh membaca dan pertanyaan pun bisa mengalir. Bukankah ini juga interaktif?

Itu hanyalah sekilas dalam fikiran saya lhoh he he. Namun, bukan tak mungkin masih banyak kendala untuk mewujudkan hal tersebut. Antara lain :

1. Wilayah negara kita belum semuanya terjangkau jaringan internet.

2. Tidak semua pendidik bisa membuat blog, meskipun sebenarnya bisa membuatnya gratis dan mudah dengan blogger.com atau wordpress.com.

3. Tidak semua anak memiliki laptop, komputer, handphone ataupun tablet untuk mengakses internet. Karena, tak dapat dipungkiri negara kita masih miskin.

Dari ke-3 faktor di atas menurut saya memang sulit untuk mencari jalan keluarnya, Yaaah… semoga saja negara kita cepet-cepet kaya ya, sehingga bisa memberikan fasilitas yang lebih baik untuk masyarakat.

Ngimpi kaleee.. he hee…

Related For Pembelajaran siswa berbasis online