Enjang.com

Situs Informasi dan Teknologi

Menu

Pemerintahan Suku Jawa

17 November 2013 | Culture

Pemerintahan Suku Jawa. Sebagian orang Jawa berdiam di daerah pedesaan. Desa adalah bentuk kesatuan hukum yang terkecil. Pemerintahan desa atau kelurahan dipimpin oleh seorang Kepala Desa atau Lurah/Petinggi, dibantu oleh Para Pamong Desa (Punggawa Desa). Pamong desa terdiri sebagai berikut :

1. Seorang carik (sekretaris desa), tugasnya mengurusi administrasi desa.

2. Kamituwa (kepala Dusun), yaitu pemimpin suatu dukuh (dusun) sebagai wakil desa di dukuh tersebut. Dalam satu dusun terdapat beberapa orang Kamituwa sesuai dengan banyaknya dukuh atau Dusun.

3. Kebayan, tugasnya membawa surat-surat dan laporan-laporan ke atasan, menyampaikan perintah kepada rakyat. Dalam satu desa juga terdapat beberapa orang bayan.

4. Jagabaya, tugasnya sebagai koordinator penjaga keamanan desa. Ia bertugas mengatur siskamling dan mengerahkan Hansip (Pertahanan Sipil) atau Hanra (Pertahanan Rakyat).

5. Modin, yaitu semacam penghulu desa. Tugasnya mengurusi jika ada kematian, mengatur orang-orang yang akan menikah, talak, rujuk ke penghulu dan lain sebagainya.

6. Ulu-ulu (jagatirta), tugasnya mengurusi air irigasi di sawah-sawah warga desa.

Semua Pamong Desa tersebut di atas dipilih oleh penduduk desa lewat pemungutan suara secara demokratis. Kecuali di kota-kota, seluruh Pamong Desa dan Lurah tidak digaji dengan uang, melainkan dengan hak pakai tanah desa (tanah lungguh atau bengkok).

Pertemuan lengkap seluruh Pamong Desa dengan Kepala Desa umumnya diadakan seminggu sekali di Balai Desa yang berfungsi sebagai kantor Desa.

Berdasarkan hasil sensus tahun 1980, jumlah penduduk di Jawa dan Madura kurang lebih 91.282.472 orang. Luas wilayahnya : 134.703 km persegi. Sehingga kepadatan (densitasnya) 678 jiwa per kilometer.Khusus Jawa Tengah, DI Yogyakarta dan Jawa Timur ada 57.285.792 orang. Jadi siku Bangsa Jawa saja pada tahun 1980 jumlahnya sudah lebih dari 50 juta jiwa. Ini berarti 40% dari seluruh penduduk Indonesia.

tags:

Related For Pemerintahan Suku Jawa

Recent Post

Pada hari Selasa tanggal 8…
Benign chronic bullous disease of…
Herpes gestationis is a rankling…
Dermatitis herpetiformis is an endless…

Kategori