Enjang.com

Situs Informasi dan Teknologi

Menu

Pendapat Darwin tentang seleksi alam

22 Mei 2014 | Biologi

Pendapat Darwin tentang seleksi alam. Setiap makhluk hidup harus selalu berusaha atau berjuang untuk mendapatkan unsur-unsur yang diperlukan guna menjaga kelangsungan hidupnya, misalnya dalam hal memperoleh cahaya, makanan dan air.

Umumnya, unsur-unsur ini diperoleh melalui suatu persaingan yang dapat terjadi pada satu spesies dan dan dapat juga persaingan ini terjadi di antara individu-individu dari spesies lain. Bagi individu yang menang dalam persaingan dengan individu lain yang sejenis atau lain jenis maka individu tersebut akan tetap hidup (strugle for existences).

Alam mengadakan seleksi terhadap individu-individu yang hidup di dalamnya. Hanya individu-individu yang dapa menyesuaikan diri dengan alam lingkungannya yang akan tetap hidup terus, sedangkan individu-individu yang tidak dapat menyesuaikan dirinya akan musnah (natural selection). Hal ini yang dimaksud oleh Darwin dalam teori evolusinya sebagai seleksi alam.

Evolusi menurut Darwin tidak lepas dari kenyataan-kenyataan sebagai berikut :

1. Adanya variasi di dalam satu keturunan.

2. Adanya kecenderungan bertambah besarnya populasi.

3. Adanya perjuangan spesies untuk mempertahankan kelangsungan hidupnya.

4. Individu yang berbeda akan melahirkan keturunan yang berbeda dan hanya individu yang sesuai dengan lingkungannya yang dapat mempertahankan kelangsungan hidupnya.

Related For Pendapat Darwin tentang seleksi alam