Enjang.com

Situs Informasi dan Teknologi

Menu

Pengertian dan dasar dasar tweak

21 Juni 2014 | Komputer

Pengertian Tweak
Pengertian dan dasar dasar tweak. Tweak adalah sebuah fasilitas (utility) yang tersedia pada sistem operasi yang dapat mengoptimalisasikan kinerja sistem operasi. Fasilitas tweak tersebut dapat memberikan trik dan otomatisasi dalam berbagai perintah pada sistem operasi, serta kemudahan dan keamanan dalam berinternet.

Utility tersebut semakin dikembangkan, salah satunya pada sistem operasi Windows XP, sehingga semakin mudah dan menyenangkan dalam pengaturannya.

Dasar-Dasar Tweak

Dalam menjalankan tweak pasti ada langkah-langkah yang harus Anda ketahui agar tidak keliru dalam pengaturannya. Sebab, jika Anda keliru dalam pengaturan tweak, dapat menimbulkan kinerja Windows yang tidak stabil.

Misal suatu pengaturan tweak pada Windows yang dilakukan melalui regedit, dalam pengaturan tersebut Anda akan banyak menemukan setting-setting menu yang mempunyai fungsi tersendiri. Tweak dapat dilakukan melalui sistem operasi Windows maupun melalui software-software tweak yang ada.

Anda dapat menjalankan software tweak tersebut dangan cara menginstalnya terlebih dahulu. Jika tweak yang Anda jalankan, baik melalui sistem operasi Windows maupun melalui software tweak benar, maka Anda dapat merasakan perbedaan pada Windows sebelum dan sesudah dijalankannya tweak. Tweak tersebut hanya dapat membantu mengoptimalkan kinerja pada Windows yang didukung dengan spesifikasi hardware komputer.

Tweak pada Windows

Salah satu dilakukannya tweak di antaranya melalui sistem operasi Windows. Berbagai fasilitas utility pada Windows yang dapat Anda ubah pengaturannya, antara lain tweak yang dilakukan melalui Control Panel dan melalui setting regedit Windows.

Tweak melalui Control Panel

Control Panel merupakan salah satu fasilitas yang tersedia pada sistem operasi Windows. Dengan melalui Control Panel banyak yang dapat Anda ubah pengaturannya. Satu contoh kita dapat mengubah kecepatan pada memori yang ada karena Windows membutuhkan memori yang lumayan besar. Hal tersebut merupakan suatu masalah yang harus dihadapi oleh para Brainware atau pengguna komputer.

Selain kebutuhan pada internal sistem, program-program yang berjalan di belakang layar pun juga membutuhkan kapasitas memori yang cukup besar. Pada kenyataannya, ada beberapa layanan yang tersedia tidak betulbetul dibutuhkan oleh para pengguna komputer, sehingga dapat mengurangi kecepatan pada memori. Berikut langkah-langkah tweak yang dilakukan melalui Control Panel untuk mengubah berbagai pengaturan yang tersedia pada sistem operasi Windows.
tags:

Related For Pengertian dan dasar dasar tweak