Enjang.com

Situs Informasi dan Teknologi

Menu

Penyebab nyeri haid dan tips mengatasinya

24 Maret 2015 | Health
Penyebab nyeri haid dan tips mengatasinya. Sungguh tak nyaman hari-hari wanita yang sedang mengalami menstruasi atau haid. Memang tidak semua wanita merasakan nyeri perut atau nyeri punggung saat haid, ada sebagian yang tidak mengalaminya. Banyak faktor mengapa ada yang mengalami nyeri dan tidak biasanya nyeri perut dan punggung akan lenyap sendiri dalam beberapa hari. Namun, bagaimanapun hal ini akan mengganggu aktifitas, apalagi jika seorang wanita bekerja di kantor atau perusahaan, tentunya pekerjaan yang seharusnya bisa diselesaikan tak dapat dilakukan gara-gara rasa nyeri yang tak karuan.

Penyebab nyeri saat haid/menstruasi

Menurut penelitian nyeri perut dan punggung saat wanita mengalami mens merupakan akibat kontraksi otot perut, sehingga tegang ketika mengeluarkan darah dari rahim (dysmenorrhea). Proses kontraksi otot tak hanya menyebabkan ketegangan otot perut, tetapi juga pada otot punggung, panggul, pinggang, sampai paha bagian atas.

Saat menjelang mens, hormon prostaglandin meningkat. Hormon tersebut memicu rasa nyeri otot punggung selama proses haid. Apakah hormon prostaglandin? Hormon prostaglandin adalah hormon yang berfungsi untuk memicu kontraksi otot rahim dan mengeluarkan darah mens dari dalam rahim. Peningkatan yang cukup tinggi menyebabkan otot tubuh yang lain ikut menegang, termasuk otot punggung bawah.

Menurut saran para ahli kesehatan, meskipun rasa ini mengganggu, tetapi nyeri punggung/perut tidak perlu diobati. Sebab pada umumnya rasa nyeri saat haid bukan disebabkan hal yang serius.

Tips mengatasi nyeri haid

1. Minumlah air putih yang cukup

Sebenarnya minum air putih yang cukup dianjurkan setiap saat, dan ketika wanita mengalami haid tingkatkan konsumsi air putih. Saat haid, wanita akan banyak kehilangan cairan, karenaya air putih yang cukup akan mengganti cairan tubuh yang hilang. Selain itu mengkonsumsi buah dan sayuran yang banyak mengandung cairan juga akan membantu.
2. Istirahat dengan rileks
Beristirahatlah dengan santai, dengan demikian anda memberi kesempatan kepada tubuh untuk mengatasi rasa nyeri secara alami. Kondisi santai akan membantu tubuh lebih mudah melakukan penyesuaian, rasa nyeripun akan mereda secara perlahan.
3. Lakukan peregangan
Peregangan atau biasa disebut stretching adalah latihan fisik yang meregangkan sekumpulan otot untuk mendapatkan otot yang elastis dan nyaman. Lakukan stretching ringan kurang lebih 10 menit setiap hari agar otot anda menjadi rileks, sehingga ketegangan otot mereda.
4. Konsumsi makanan umbi-umbian kunyit
Cobalah mengkonsumsi umbi-umbian kunyit secara teratur dan berkala. Menurut para ahli kesehatan, kunyit mampu menekan peradangan (inflamasi) pada penyebab nyeri dan masalah kewanitaan yang lain.Itulah yang dapat kami informasikan mengenai Penyebab nyeri haid dan tips mengatasinya. Semoga bermanfaat bagi anda yang sedang mencari artikel info online kesehatan wanita.

Related For Penyebab nyeri haid dan tips mengatasinya

Recent Post

Pada hari Selasa tanggal 8…
Benign chronic bullous disease of…
Herpes gestationis is a rankling…
Dermatitis herpetiformis is an endless…

Kategori