Enjang.com

Situs Informasi dan Teknologi

Menu

Perbedaan rinci laptop, notebook dan netbook

23 Januari 2012 | Technology

Perbedaan rinci laptop, notebook dan netbook. Sampai saat ini ternyata masih banyak yang belum bisa membedakan antara laptop, netbook dan notebook. Hingga terkadang saat ngobrol jadi tentang hal tersebut jadi nggak nyambung.

Istilah Laptop muncul seiring dengan adanya istilah Notebook. Namun kata ‘laptop’ lebih sering digunakan karena diambil dari perilaku pengguna notebook itu sendiri, yang lebih suka meletakkan notebooknya di atas paha daripada meletakkan di atas meja, kata ‘laptop’ Berasal dari kata “LAP” dan “TOP”, lap = pangkuan, top = diatas, maka munculah istilah laptop yang berarti diatas pangkuan .

Netbook, “NET” itu artinya gadget yang satu ini khusus didesain untuk berinterNET ria dimanapun dan kapanpun juga. Netbook mempunyai tampilan yang mungil, dengan layar antara 7 sampai 10.1 inch, daya tahan baterai yang lama (4-9 jam sekali charging).

Kenapa Netbook bisa mempunyai ketahanan baterai yang cukup lama, ini tidak lain karena Netbook kebanyakan menggunakan prosesor sekelas Intel Atom (misal Intel Atom N270, N280 atau Intel Atom N450) yang membutuhkan daya lebih kecil dibandingkan (misalnya) dengan Prosesor sekelas Intel Core 2 Duo, selain itu juga Netbook tidak dilengkapi dengan DVD/CD ROM sehingga bisa meminimalkan pemakaian daya dari Netbook.

Jadi kalau hanya butuhkan sebuah laptop untuk Internetan, Membuat Laporan/Makalah, Dengerin Musik atau sekedar Facebookan dan Chatting, makalah pilihlah netbook.

Ulasan lebih jelasnya mengenai bentuk dan ukuran sebagai berikut:
1. Laptop itu hanya sebutan umum untuk netbook maupun notebook. jadi laptop itu bisa diartikan sebagai netbook maupun notebook.

2. Dari segi ukuran, netbook memiliki ukuran yang lebih kecil sekitar 7-12 inchi sehingga lebih praktis untuk dibawa kemanapun, sedangkan notebook berukuran 13 inchi keatas.

3. Netbook pada dasarnya didesain untuk melakukan kinerja yang lebih ringan dibandingkan dengan notebook. Misalkan, mengolah data word, excel, power point, berselancar didunia maya, menyimpan beberapa file, memainkan permainan ringan seperti solitaire dan lain-lain.

Berbeda dengan notebook yang kinerjanya melampaui netbook, dengan kecepatan pengolahan data yang cepat serta kemampuan multimedia yang handal. Sehingga pengguna bisa mencari ide, menuangkannya dalam sebuah karya dan menikmati hasil karya tersebut seperti mengedit gambar, video, melakukan riset, memainkan game dan lain-lain.

4. Kalaupun ada netbook dengan spesifikasi yang bisa dibilang setara dengan kemampuan notebook, itu hanyalah inovasi dari vendor untuk kebutuhan orang-orang tertentu yang tentu saja cukup menguras kantong anda.

Bagaimana, masih ada yang belum paham? Semoga sedikit ulasan di atas bisa menambah pemahaman anda.

Referensi : http://blog.fastncheap.com/apa-itu-laptop-netbook-dan-notebook/

Related For Perbedaan rinci laptop, notebook dan netbook