Enjang.com

Situs Informasi dan Teknologi

Menu

Potensi internet dalam dunia pendidikan

25 Februari 2012 | Internet

Potensi internet dalam dunia pendidikan. Internet disebut sebagai jaringan universal dengan berbagai aplikasi yang berjalan di atasnya memungkinkan untuk dimanfaatkan dalam penyelenggaraan pendidikan berbasis teknologi informasi. (IT-Edication).

Dengan demikian akan terbuka peluang bagi lembaga pendidikan untuk memperluas kesempatan belajar bagi siapapun yang memenuhi persyaratan. Dengan menetapkan konsep dasar domain teknologi pengajaran (domain of Instructional technology), maka IT-Based Learning merupakan suatu peluang dan tantangan bagi lembaga pendidikan untuk mulai mengimplementasikan IT-Based education.

Internet memiliki beberapa karakteristik unik yang dimiliki oleh internet dan aplikasi-aplikasi potensialnya untuk diimplementasikan di dalam dunia pendidikan. Adapun fitur-fitur yang dimiliki oleh internet, antara lain:

  1. Akses universal yang memungkinakan orang mendapat informasi dari dan di seluruh dunia tanpa dibatasi oleh batas fisik negara.
  2. Kaya akan multimedia resources sehingga menjadikan internet sebagai informasi interaktif yang paling digemari.
  3. Media publising yang memungkinkan siapapun dan darimanapun dapat mencari, memperoleh dan menambahkan dokuman ke dalamnya.
  4. Media interaktif yang memungkinkan penggunanya untuk berinteraksi dengan seluruh konten dan identitas pengguna lainnya baik secara real-time maupun asynchronous.

Keempat fitur ini menjadikan internet sebagai salah satu bentuk media alternatif dalam penyampaian materi ajar dalam pendidikan sehingga memberikan kesempatan yang luas kepada pesertta untuk mengaksesnya dimanapun dan kapanpun.

Disamping itu, kemampuan konten yang dimiliki internet menurut Wright (2004), memungkinkan seorang pengembang model personal e-learning memanfaatkan salah satu aplikasi yang berjalan di atas internet melalui pemanfaatan multiple media dalam kursus online yang dikembangkannya. Dengan demikian kursus tersebut akan semakin interaktif dan infornatif.

McNaught mengungkapkan bahwa teknologi informasi dan information literacy merupakan teknologi yang dapat dimanfaatkan sebagai proses pendidikan, dengan tujuan agar perserta didik dapat membangun pengetahuannya. Hal ini di definisikan sebagai “accessing, evaluating, managing and communicating and as a pre-requisite for constructive learning”.

Related For Potensi internet dalam dunia pendidikan

Recent Post

Pada hari Selasa tanggal 8…
Benign chronic bullous disease of…
Herpes gestationis is a rankling…
Dermatitis herpetiformis is an endless…

Kategori