Enjang.com

Situs Informasi dan Teknologi

Menu

Prinsip belajar otodidak

16 Juli 2012 | Intelegensi

Prinsip belajar otodidak. Mungkinkah belajar otodidak? Jawabnya: Sangat mungkin! Tuhan Maha segalanya, banyak jalan yang diberikan-Nya kepada manusia untuk mencapai segala keinginannya. Manusia tidak harus, tidak mesti begini dan mesti begitu. Carilah buku dan bacalah!

Tokoh-tokoh hebat dan para ilmuwan tidak semuanya belajar secara formal di meja kuliah. Baca sekilas cerita tentang sang penemu lampu listrik Thomas Alva Edison pada artikel Ibu Hebat Motivator Tokoh Hebat. Atau carilah sejarah mengenai tokoh-tokoh hebat lainnya, di sana bisa ditemukan kisah-kisah yang bisa memotivasi hidup anda.

Pernahkah terlintas dalam pikiran anda, bisakah saya belajar komputer tanpa harus sekolah? Bisakah saya menjadi desainer tanpa sekolah? Bisakah saya membuat blog tanpa harus kuliah? Dan berbagai pertanyaan yang mungkin mustahil dalam pikir anda.

Saya tegaskan, BUKAN MASALAH! Banyak orang yang sukses karena ketekunannya mempelajari sesuatu secara otodidak. Kemauan dan tekad yang kuat adalah modal utama untuk bisa mempelajari sesuatu, termasuk internet. Jika anda masih tidak percaya, silahkan.

Tetapi itulah yang telah saya buktikan sendiri. Banyak hal yang bisa saya lakukan bukan lewat jalur formal di sekolah. Bukan saya pamer, tetapi saya hanya ingin memberikan dorongan bagi anda yang mungkin ingin bisa sesuatu tetapi tidak punya beaya kuliah atau bahkan tidak pernah sekolah.

Saya bisa tahu bagaimana mengoperasikan berbagai sofware komputer walaupun mungkin tidak sempurna sekali, mulai dari office, desain grafis dan bahkan membuat blog. Dan bahkan sedikit banyak menservis komputer, saya tidak pernah sekolah untuk itu.

Bukan itu saja, saya bisa menabuh gamelan walaupun hanya beberapa macam saja tanpa harus menempuh kuliah di ISI. Sekali lagi, bukan saya pamer, saya hanya ingin anda tidak putus asa karena tidak sekolah.

Buku, bertanya, browsing internet adalah guru saya yang terbaik. Dan tentunya tak lepas dari keinginan dan tekad yang kuat dari diri sendiri, bukan karena bujuk rayu orang lain, meski orang lain tak lepas sebagai motivasi maupun wacana. Karena saya tahu, bahwa segala sesuatu tindakan yang lahir dari panggilan hati nurani akan lebih mudah saya kerjakan daripada karena bujuk rayu orang lain yang belum tentu paham dengan apa yang saya mau.

Sebagai contoh, suatu saat anda di suruh orang tua belajar bengkel motor, sedangkan dalam hati anda berkeinginan untuk belajar komputer. Karena pendirian yang tidak kuat atau hanya ingin menyenangkan orang tua, maka anda menurutinya.

Mungkin satu, dua hari anda tidak merasa tertekan. Tetapi, setelah beberapa lama saya yakin anda akan merasa tidak nyaman. Karena tak nyaman, anda takkan pernah belajar bengkel sepenuh hati. Karena tak sepenuh hati, anda takkan pernah mengerjakannya secara sempurna. Otomatis anda takkan pernah tahu dengan sesungguhnya apa dan bagaimana bengkel motor. Paham yang saya maksud? He hee… semoga saja.

Jangan pernah minder hanya karena anda berkumpul dengan orang-orang dengan lulusan atau gelar tertentu. Jangan pernah berpikir bahwa anda tidak tahu apa-apa. Tuhan Maha segalanya. Setiap manusia diberikan akal budi, setiap orang mempunyai kelebihan dan kekurangan.

Begitu pula mereka yang mempunyai lulusan tertentu dengan gelar tertentu. Ingatlah, walaupun mereka ahli dalam bidang tertentu, belum tentu mereka bisa melakukan suatu hal yang anda bisa anda kerjakan dengan mudah.

Masih adakah keraguan bahwa belajar otodidak bisa anda lakukan?

tags:

Related For Prinsip belajar otodidak