Enjang.com

Situs Informasi dan Teknologi

Menu

Rustam Effendi, A. Hasjmy dan Imam Supardi

15 Juli 2014 | Sastra

Rustam Effendi, A. Hasjmy dan Imam Supardi

Rustam Effendi
Rustam Effendi lahir di Padang tanggal 18 Mei 1905. Ia aktif dalam bidang politik serta pernah menjadi anggota majelis perwakilan Belanda sebagai utusan Partai Komunis. Dalam karyanya, banyak dipengaruhi oleh bahasa daerahnya, juga sering mencari istilah-istilah dari bahasa Arab dan Sansekerta.

Adapun karyanya yang terkenal antara lain Percikan Permenungan (kumpulan sajak, 1622) dan Bebasari (sandiwara, 1922).

A. Hasjmy
Nama sebenarnya dari A. Hasjmy adalah Muhammad Ali Hasjmy. Ia lahir di Seumeun, Aceh pada tanggal 28 Maret 1912. Ia berpendidikan SR dan Madrasah Pendidikan Islam. Pada tahun 1936 ia menjadi guru di perguruan Islam Seumeun. Adapun karyanya antara lain, Kisah Seorang Pengembara (kumpulan sajak, 1936) dan Dewan Sajak (kumpulan sajak, 1940).

Imam Supardi
Tak banyak sumber yang bisa kami temukan mengenai info sosok Imam Supardi yang masuk dalam tokoh zaman Kalajangga yang satu ini. Yang jelas ia adalah angkata Pujangga Baru. Adapun karyanya antara lain Kintamani (roman) dan Wishnu Wardhana (drama, 1937).

Selain tokoh-tokoh yang telah kami infokan di situs Enjangcom, sastrawan dan penyair lainnya dari zaman Kalajangga (angkatan Pujangga Baru) adalah Mozasa (singkatan dari Mohamad Zain Saidi), Yogi (nama samarannya A. Rivai dengan kumpulan sajaknya Puspa Aneka), A.M.DG. Myala (nama sebenarnya A.M. Tahir), Intojo alias Rhamedhin or Mandank, dan lain-lain.

Related For Rustam Effendi, A. Hasjmy dan Imam Supardi