Enjang.com

Situs Informasi dan Teknologi

Menu

Seni memikirkan cinta

27 Januari 2014 | Cinta, Love

Seni memikirkan cinta. Cinta merupakan sebuah istilah yang sulit untuk diungkapkan dan diterangkan secara gamblang dengan kata-kata. Tak bisa dipungkiri bahwa love adalah termasuk kebutuhan hidup manusia yang mendasar. Hampir tak ada yang sanggup menyangkalnya bahwa itu tidaklah penting. Tetapi, sedikit sekali orang yang berfikir tentang apa dan bagaimana cinta, padahal memikirkannya menurut Frich Fromm adalah sebuah seni yang seperti bentuk-bentuk seni lainnya sangat membutuhkan pengetahuan dan latihan untuk dapat mencapainya.

Cinta bersumber dari ungkapan perasaan dan didukung oleh keinginan, bisa berupa tingkah laku dan pertimbangan dengan akal yang merupakan tanggung jawab. Artinya akibat yang baik, positif berguna, saling menguntungkan, menciptakan keserasian, keseimbangan, dan kebahagiaan antara sesama manusia dan Tuhan. Dalam cinta kasih tersimpul rasa kasih sayang, dan kemesraan, belas kasih dan pengabdian, yang dapat diuraikan dalam berbagai bentuk, antara lain:

1. Cinta diri merupakan erat hubunganya dengan menjaga diri, yang segala sesuatunya untuk manfaat dan kegunaan bagi diri sendiri.

2. Cinta sesama manusia merupakan tindakan yang ikhlas dari hati nurani untuk membantu dan menyayangi, karena manusia adalah makhluk sosial yang tidak bisa hidup sendiri tanpa bantuan orang lain.

3. Cinta kepada Tuhan, cinta yang ikhlas seorang manusia kepada tuhannya merupakan pendorong dan mengarahkannya pada penundukan semua bentuk kecintaan lainnya.

4. Kasih Sayang

Menurut Kamus Umum Bahasa Indonesia karangan W.J.S. Purwodarminto, kasih sayang diartikan dengan perasaan sayang, perasaan cinta atau perasan suka kepada seseorang. Arti dari kasih sayang sendiri sangat luas, ada yang mengartikan bahwa kasih sayang adalah suatu yang indah, suci, dan didambakan oleh setiap orang. Dalam kasih sayang masing-masing dituntut tanggung jawab, pengorbanan, kejujuran saling percaya saling terbuka, sehingga keduanya seakan akan merupakan satu kesatuan yang bulat dan utuh.

Bila salah satu unsur kasih sayang hilang maka retaklah keutuhan cinta karena kasih sayang merupakan pertumbuhan dari cinta. Ini akan berdampak lebih besar lagi pada kasih sayang dalam rumah tangga, yang akan mengurangi hak kasih sayang yang diperoleh, oleh anak-anaknya. Berarti kasih sayang pernah dialami siapapun sejak ia lahir ke muka bumi ini.

Kemesraan

Kemesraan pada dasarnya merupakan perwujudan kasih yang telah dalam, sebuah perasaan simpati yang akrab, atau merupakan hubungan akrab antara pria dan wanita yang sedang dimabuk asmara maupun yang sudah berumah tangga.dari uraian sedikit diatas bahwa betapa agung dan sucinya cinta, yang berlanjut menimbulkan pengertian mesra atau kemesraan.

Kemesraan dapat menimbulkan daya kreativitas manusia, dengan kemesraan manusia dapat menciptakan berbagai bentuk seni sesuai dengan kemampuan dan bakatnya, baik seni musi;k, tari, pahat, dan kreativitas-kreativitas yang lainya.

Dalam lukisan seni Budaya itu mengandung nilai-nilai kehidupan, moral pelakunya, kebobrokan sosial, ketidak adilan dan sebagainya. Semua itu wajib dikaji para cendekia agar dirinya tidak terkungkung dalam bidangnya.

Pemujaan

Pemujaan adalah perwujudan cinta manusia kepada Tuhan, hal ini tidak dapat dipisahkan dari kehidupan manusia, karena pemujaan terhadap Tuhan adalah inti nilai dan makna kehidupan yang sebenarnya. Dalam kehidupan manusia terdapat berbagai macam cara pemujaan sesuai dengan agama, kondisi, kepercayaan, dan situasi. Akan tetapi pemujaan itu sebenarnya karena manusia ingin berkomunikasi dengan Tuhannya.

Adapun beberapa tempat pemujaan,yang biasnya dianggap sebagai tempat tuhan, seperti seperti halnya masjid, gereja, candi, pure dan yang lain. Dan karena tempat itu dinggap suci, maka tidaklah pantas dan tidak wajar bila dipergunakan untuk segala keperluan, kecuali keperluan untuk membesarkan nama Tuhan.

Jadi sebenarnya pemujaan terhadap Tuhan pada hakikatnya merupakan manifestasi cinta kepada Tuhan. Cinta juga membangkitkan daya kreativitas berupa menciptakan, menemukan, berkarya, mencari bentuk-bentuk yang dapat mewujudkan hubungan yang misterius. Dalam mencari bentuk-bentuk ini pemujaan dapat berupa sembahyang sebagai media komunikasi membangun tempat-tempat beribadah yang sebaik dan seindah mungkin, mencipta lagu, puisi, novel, film dan lain sebagainya.

tags: ,

Related For Seni memikirkan cinta