Enjang.com

Situs Informasi dan Teknologi

Menu

Setengah Isi Setengah Kosong

4 Maret 2011 | Intelegensi

Setengah Isi Setengah Kosong. John Wesley pernah bertutur,”Lakukan yang terbaik yang bisa Anda lakukan, dengan segenap kemampuan, dengan cara apapun, kapanpun, kepada siapapun, sampai Anda sudah tidak mampu lagi melakukannya.

Seorang staf muda bagian promosi produk pakaian dalam wanita diminta oleh pimpinannya untuk melakukan survey pasar di lokasi suku pedalaman. Hal itu dilakukan untuk melihat kemungkinan ekspansi pasar di sana.

Hari pertama berada di lokasi membuatnya frustasi, karena melihat hampir semua wanita suku pedalaman ini tidak menggunakan pakaian, apalagi pakaian dalam. “Tidak mungkin melakukan ekspansi ke tempat ini!” katanya mantap, lalu iapun pulang ke kantor pusatnya.

Si pimpinan tidak percaya dan mengirim staf muda lainnya untuk mencari pendapat kedua. Staf muda kedua yang ditunjukpun berangkat. Sesampai di lokasi, si staf muda kedua ini langsung terperangah menyaksikan ada banyak wanita yang tidak mengenakan pakaian dalam.

“Ini kesempatan emas, justru melalui ekspansi pasar membuat mereka semakin beradab!” sergahnya dengan penuh optimisme. Ia pun segera menghubungi kantor pusatnya, menginformasikan bahwa ada ladang baru yang harus digarap.

Dua orang yang berbeda, namun dari latar belakang perusahaan yang sama dan melihat situasi yang sama, namun memiliki cara pandang yang berbeda. Satu optimis dan yang lainnya pesimis. Perubahan situasi pasar dan lingkungan bisnis membuat setiap individu merespon dengan cara yang berbeda pula.

Mutasi yang mendadak dari kantor pusat ke daerah, terkadang memunculkan pikiran bahwa ini adalah akhir dari segala-galanya. Pengalihan tugas ke tempat atau unit kerja tertentu, terkadang membuat kita klaim diri sedang dibuang. Bahkan ketika memasuki usia pensiun, sering direspon sebagai malapetaka yang besar, karena ada bagian dari dirinya yang telah hilang sama sekali.

Pergumulan hidup apapun yang dialami manusia (maupun perusahaan) acapkali dimaknakan sebagai sisi gelap dari perjalanan karier dan kehidupan seseorang. Padahal pepatah bijak menyebutkan “Bukan peristiwa yang penting, melainkan bagaimana cara kita merespon peristiwa yang terjadi tersebut yang akan menentukan kualitas diri kita.”

tags:

Related For Setengah Isi Setengah Kosong