Enjang.com

Situs Informasi dan Teknologi

Menu

Silsilah bahasa Indonesia rumpun Austronesia

17 Januari 2014 | Sastra

Silsilah bahasa Indonesia dalam rumpun bahasa Austronesia. Untuk dapat melihat kedudukan bahasa Indonesia di tengah-tengah bahasa-bahasa dunia, maka kita perlu mengetahui adanya bermacam-macam rumpun bahasa. Rumpun bahasa adalah sekelompok bahasa yang menunjukkan adanya garis persamaan asal-usul.

Setiap rumpun dapat dibagi lagi atas sub-rumpun, dan tiap sub-rumpun terdiri dari pelbagai bahasa. Tiap bahasa terdiri dari dialek-dialek.

Berdasarkan Geneologi, yaitu pembagian bermacam-macam bahasa yang didasarkan atas asal-usul dan sejarah perkembangan yang sama, dikenal adanya rumpun bahasa sebagai berikut :

1. Rumpun Indo-Eropa, terdiri dari sub rumpun Jerman, Keltik, Baltik, Slavia, Albania, Roman dan sebagainya.

2. Semito – Hamit.
3. Finno – Ugria.
4. Ural – Altai.
5. Sino – Tibet.
6. Austria, yang terdiri dari Austro – Asia atau Austronesia.
7. Bahasa Bantu.
8. Bahasa Sudan.
9. Bahasa Khoisan di Afrika.
10. Bahasa Amerika Utara, antara lain : Algonkin, Irokes, Penutia dan sebagainya.
11. Bahasa Amerika Tengah – Maya, Otomi dan sebagainya.
12. Bahasa Amerika Selatan – Arawak, Karibi dsb.

Rumpun bahasa Austronesia meliputi 2 sub-rumpun, yaitu :
1. Bahasa-bahasa Austro – Asia : terdiri atas bahasa-bahasa yang ada di Asia Tenggara, misalnya bahasa Munda, Nikobar, Mon Khmer, Khasi, Tsyam dan sebagainya.
2. Bahasa-bahasa Austronesia yang terdiri atas 2 bagian :
Bahasa Indonesia (Nusantara), mencakup bahasa Malagasi, Formosa, Filipina, Melayu, Jawa, Bali, Batak, Dayak, Sika, Solor dan sebagainya. Bahasa Oceania, mencakup bahasa Melanesia, wee Polynesia, Maroi, Hawai, Tahitti dsb.

Perhatikan gambar berikut :
ilustrasi rumpun bahasa austronesia
Betapa luasnya ruang lingkup daerah rumpun bahasa Austronesia, dapatlah dibayangkan bila kita menarik garis lurus antara pulau Madagaskar dan pulau Rapauni yang berjarak kurang lebih 20.000 km atau setengah lingkaran bumi.

Sedangkan jarak antara kepulauan Hawai dan Selandia Baru kira-kira 7000 km. Namun bahasa-bahasa asli di Australia, Tasmania, Irian, Halmahera dan Alor, tak termasuk di dalamnya.

tags:

Related For Silsilah bahasa Indonesia rumpun Austronesia