Enjang.com

Situs Informasi dan Teknologi

Menu

Sinden unik

17 Desember 2012 | Culture

Sinden unik. Apa itu Sinden atau Pesinden? Sinden adalah seorang wanita yang tugasnya sebagai vocal membawakan gending-gending Jawa dalam Karawitan. Dalam sebuah pertunjukan karawitan/pewayangan, biasanya terdapat lebih dari 1 sinden. Dengan gaya dan ciri khasnya sendiri seorang sinden bebas mengekspresikan suaranya di panggung. Tak jarang seorang sinden Karawitan tak malu-malu menunjukkan kebolehan dengan karakter suaranya sendiri.

Salah satu contoh adalah Nyi Mentir, seorang sinden tayub dari desa mentir, kabupaten Sragen propinsi Jawa Tengah. Nyi Mentir adalah seorang sinden tayub yang biasa tampil di seputar Sragen yang bernama asli Nyi Suji. Meski suara  sinden tayub yang satu ini terdengar tak nyaman ditelinga para pengrawit klasik Solo khususnya, namun justru dia mempunyai ciri khas sendiri.

Meski sinden mentir sudah terbilang lanjut usia, namun power suaranya yang unik tetap saja masih kuat. Dengan didukung sedikit gerakan genitnya sanggup mengundang gelak tawa penonton. Tak heran, Bapak Purba Asmara sang dalang sekaligus dosen ISI Surakarta tertarik untuk mengajaknya tampil ketika beliau tampil di sebuah pertunjukkan wayang beliau.

Coba ketikkan sinden mentir di pencarian google, pasti akan anda temukan video ketika Nyi Mentir membawakan lagu-lagunya yang berirama Sragenan.

Bagaimana unik bukan? He hee… selain sinden antik tersebut, pada artikel ini saya juga akan menyertakan Sinden berkebangsaan Belanda yang mendalami seni karawitan. Meski suaranya masih bergaya barat, namun sinden yang biasa dipanggil Ester ini patut di acungi jempol. Berikut videonya ketika tampil bersama Pak dalang Purba Asmara. silahkan lihat di sini.

Semoga dengan ini bisa membuka wawasan bagi generasi muda khususnya Surakarta, bahwa sinden tidaklah jelek. Terbukti bangsa barat pun tak segan membawakan lagu-lagu Jawa.

Related For Sinden unik