Enjang.com

Situs Informasi dan Teknologi

Menu

Site Feed

31 Oktober 2011 | Blogger

Site feed dikenal juga dengan web feed atau news feed. Site feed merupakan format data yang dipakai untuk memudahkan pengguna internet membaca dan mengelola berita-berita terbaru, termasuk posting blog. Format site feed yang saat ini banyak dipakai, antara lain atom dan RSS (Really Simple Syndication). Keduanya dituliskan dalam format file XML.
Berikut cara kerjanya.

Anda hanya perlu mempunyai aplikasi feed reader. Dengan feed reader, Anda dapat berlangganan feed ke beberapa blog dan website yang sudah mendukung feed. Maka semua posting dan artikel terbaru dari website dan blog tersebut, akan muncul pada software feed reader Anda. Hampir sama seperti berlangganan milist dan email-email terbaru dari milis tersebut akan muncul dalam Inbox email.

Anda dapat memilah-milah setiap website atau blog langganan Anda ke dalam kategori. Misalnya Anda berlangganan feed dari beberapa situs sejenis, lalu memasukkannya ke dalam kategori fun. Software feed reader ada yang bertipe program untuk diinstal ke dalam komputer, dan ada juga yang berbasis layanan web.

Berikut feed reader populer yang banyak dipakai:
1. Google Free Reader, www.google.com/reader.
2. Bloglines (www.bloglines.com), merupakan salah satu layanan RSS reader berbasis web pertama dan telah banyak digunakan.
3. FeedDemon, merupakan program RSS reader berbasis sistem operasi Microsoft Windows. Aplikasi ini bisa didapatkan melalui situs www.newsgator.com

Sekian dulu sekilas informasi Site Feed semoga bermanfaat.

Related For Site Feed