Enjang.com

Situs Informasi dan Teknologi

Menu

Social Bookmark dengan Tagging

13 Oktober 2011 | Blogger

Social Bookmark dengan Tagging. Tagging merupakan metode untuk mengorganisasi berbagai macam hal (item) ke dalam kategori-kategori. Berbeda dengan pengategorian biasa, tiap item dalam tagging bisa masuk dalam beberapa kategori sekaligus.

Misalnya dalam pengategorian biasa, Anda hanya dikategorikan sebagai manusia saja. Namun dalam tagging, Anda dapat dimasukkan ke dalam beberapa kategori sekaligus, misalnya sebagai orang tua, pengusaha, pemimpin, atau pengajar.

Social bookmark merupakan metode pengaturan bookmark atau halaman-halaman web favorit di internet. Social bookmark menggunakan metode tagging telah banyak diterapkan. Misalnya Anda membuat posting yang membahas tentang ponsel Samsung terbaru.

Maka, tagging yang mungkin bisa diberikan ke dalam posting tersebut, misalnya Samsung, ponsel, gadget, teknologi, dan lain-lain.
Berikut beberapa situs tagging yang cukup terkenal:
1. Del.icio.us (http://del.icio.us)

Menerapkan sistem tagging secara voting berdasarkan pilihan penggunanya. Tag pada Delicious tidak mempunyai tingkatan hierarkhi. Jika mempunyai account dalam Del.icio.us, Anda akan diberikan fasilitas untuk menandai suatu artikel (posting) dengan tagging tertentu. Fasilitas tersebut dikenal juga dengan
bookmarklet.

Misalnya Anda membaca artikel di suatu situs yang membahas produk ponsel terbaru Samsung dan menandainya dengan tag samsung. Sedangkan pengguna Del.icio.us lain yang membaca artikel tersebut mungkin memberinya tag handphone.

Jika ada yang melakukan pencarian pada Delicious dengan kata kunci handphone atau Samsung, maka ada kemungkinan artikel tersebut akan ditampilkan. Tergantung dengan popularitas artikel yang lainnya juga. Masih ada fitur-fitur lainnya yang menarik dan bisa Anda coba, misalnya tags to watch, hotlist, dan sebagainya.

2. Digg (http://www.digg.com)
Merupakan website komunitas yang awalnya memfokuskan diri pada artikel sains dan teknologi. Saat ini Digg mendukung social bookmark di mana user Digg dapat memasukkan story dan website agar dapat dilihat user Digg lainnya. Jika story tersebut mendapat cukup banyak digg dari pembaca, maka story akan muncul pada halaman utama situs Digg.com.

Related For Social Bookmark dengan Tagging