Enjang.com

Situs Informasi dan Teknologi

Menu

Tata cara pemberian nama bidang biologi

23 April 2014 | Biologi

Tata cara pemberian nama bidang biologi. Pemberian nama suatu individu (hewan atau tumbuhan) di daerah yang berlainan terkadang tidak sama. Misalnya mangga (Mongifera indica) penduduk di Jawa tengah memberi nama pelem, tetapi di Jawa Timur diberi nama poh dan ada pula di daerah lain yang menyebutnya buah pauh.

Di negara lain pemberian nama pada suatu individu yang bermacam-macam ini akan membingungkan dan sulit untuk mengenalinya. Oleh karena itu, perlu adanya tata cara pemberian nama pada suatu individu.

Pemberian nama suatu individu biasanya ada kaitannya dengan salah satu sifat atau lebih yang dimiliki oleh individu tersebut, misalnya saja ganggang (Oscillatoria). Pemberian nama ini bergerak maju mundur atau disebut gerak oscillatoris sehingga diberi nama Oscillatoria yang merupakan ciri khasnya. Ciri khas lain yang dapat dimiliki suatu individu masih banyak lagi, misalnya dapat berupa warna, bau, bentuk dan asal individu.

Pemberian nama suatu individu belum tentu cukup satu kata saja, sebab pada kenyataannya mempunyai ciri khas yang banyak ragamnya, misalnya bunga mawar (Rose). Tanaman ini banyak ragamnya, ada yang berdaun pendek dan ada yang berdaun panjang, sehingga tanaman bunga mawar ini diberi nama Rose longifolia (long : panjang, folium : daun).

Pemberian nama yang demikian dirasa masih kurang sempurna, karena kenyataannya tanaman bunga mawar yang berdaun panjang masih beraneka ragam, sehingga untuk membedakan lagi dengan jenis yang lain diberi keterangan tambahan. Misalnya : Rose longifolia fructibus rotundus yang berarti bunga mawar dan berubah bulat (fructu : buah, rotundus : bulat).

Pemberian nama yang demikian akan membingungkan karena pada satu jenis tanaman dapat mempunyai banyak nama. Oleh karena itu para ahli taksonomi berusaha menerbitkan pemberian nama dengan sistem tata nama yang dibakukan. Akhirnya, lahir sistem tata nama yang baku, yaitu Tata Nama Ganda atau Binomial Nomenklatur.

Related For Tata cara pemberian nama bidang biologi

Recent Post

Pada hari Selasa tanggal 8…
Benign chronic bullous disease of…
Herpes gestationis is a rankling…
Dermatitis herpetiformis is an endless…

Kategori