Enjang.com

Situs Informasi dan Teknologi

Menu

Teknik adjustment Level dan dan Auto level

14 Juni 2014 | Photoshop

Teknik adjustment Level dan dan Auto level. Salah satu hal paling penting yang harus anda kuasai dalam mengolah foto pada photoshop dalah teknik adjustment yang benar. Jika hasil foto dari kamera handphone maupun kamera digital hendak dicetak langsung, sempatkan untuk membenahinya terlebih dahulu dengan melakukan adjustment.

Dalam proses ini di antaranya akan melibatkan langkah agar ketajaman image dapat diatur, kecenderungan arah warna dapat ditentukan, gelap, terangnya sinar dapat dikoreksi dan berbagai unsur lainnya.

Sebuah image yang mengalami color adjustmen akan kehilangan data awalnya, karena proses itu akan membuat pixel dalam image disusun ulang dengan tatanan baru sesuai adjustment yang anda lakukan. Setiap langkah ini akan mengubah status pixel.

Oleh karenanya, agar tidak kehilangan bentuk awal dari image, sebaiknya duplikatlah layer terlebih dahulu image yang akan di olah.. Layer inilah yang secara aman dapat dikoreksi warnanya, sementara layer yang berisi image asli masih tetap aman dalam bentuk aslinya. Hasil yang tidak seuai dengan keinginan dapat dibatalkan atau dibuang dengan mudah, dan dapat memulai lagi dengan membuat duplikasi lagi.

Mengatur Level

Sesuai judul di atas, pada prisnsipnya menu Level bekerja untuk mengatur sebaran serta keseimbangan warna pixel. Pilihan Level akan membuka kotak dialog di mana secara manual anda dapat melakukan pengaturan nilai pada masing-masing opsi yang tersedia.

Teknik adjustment Level dan dan Auto level

Menggunakan cara semiotomatis dengan pipet warna seperti gambar yang saya lingkari di atas dengan fungsinya, Pipet paling kiri untuk menset warna hitam atau bagian paling gelap dari image, pipet tengah untuk menset warna grey point atu bagian warna medium dari image.

Sedangkan pipet paling kanan untuk menset white point atau bagian paling cerah dari image.cara menggunakan pipet ini, klik pipet paling kiri lalu bawa pointer ke bidang image. Klikkan pada image di bagian warna yang akan dijadikan pedoman warna paling gelap. Klik pipet tengah, lalu bawa dan klik ke bagian image yang dijadikan warna medium. Klik pipet paling kanan lalu bawa dan klik pointer ke bagian paling cerah dari image.

Dari mecara semiotomatis di atas anda akan memperoleh pedoman warna dari pilihan anda sendiri. Jika dengan cara ini masih kurang puas, lakukan adjustment langsung, dengan cara menyeret slider pada jendela histogram. Slider paling kiri untuk warna paling gelap, slider tengah untuk menyesuaikan warna medium, serta slider paling kanan untuk warna paling cerah.

Menu auto level memerintahkan Photoshop untuk mengatur nilai level secara otomatis. walaupun pada banyak kasus perintah ini merupakan bantuan yang cepat untuk mengatur level warna, namun ada juga yang memerlukan pengaturan secara manual melalui kotak dialog Level.

Tidak ada salahnya memilih Auto Level dulu karena dapat mengembalikan ke setting default bila hasilnya tidak memuaskan.

Related For Teknik adjustment Level dan dan Auto level