Enjang.com

Situs Informasi dan Teknologi

Menu

Tentang karbohidrat dan lemak

21 Mei 2014 | Health

Tentang karbohidrat dan lemak. Pernahkah anda membaca untuk mempelajari apa itu karbohidrat dan lemak? Apakah manfaatnya bagi kesehatan tubuh kita? Berikut ulasannya :

Karbohidrat

Karbohidrat adalah senyawa yang mengandung unsur-unsur C, H, dan O. Fungsi utama karbohidrat adalah sebagai penghasil energi. Selain itu, karbohidrat berfungsi juga sebagai bahan pembentuk protein dan lemak.

Karbohidrat dapat dibedakan dalam 3 golongan, yaitu sebagai berikut :

1. Monosakarida, misalnya glukose, fruktose, dan galaktose.

2. Disakarida, misalnya maltose, laktose, dan sakarose.

3. Polisakarida, misalnya amilum dan selulose.

Bahan makanan yang banyak mengandung karbohidrat misalnya beras, jagung, terigu, ubi, kentang, dan sorgum. Kelebihan karbohidrat dapat disimpan dalam tubuh dalam bentuk glikogen di hati dan otot.

Lemak

Seperti halnya karbohidrat, lemak mengandung unsur-unsur C, H, dan O, tetapi perbandingan jumlah unsur-unsurnya tidak sama. Fungsi lemak sebagai penghasil energi yang besar, pembangun bagian sel-sel tertentu, pelarut zat-zat tertentu, pelindung alat-alat tubuh (bantalan lemak), dan sebagai pelindung suhu tubuh.

Bahan makanan yang mengandung lemak dan yang berasal dari hewan, misalnya keju, daging, susu, ikan, telur, dan mentega. Ada juga yang berasal dari tumbuhan, misalnya kelapa, kemiri, kacang, dan buah alpokat. Kelebihan lemak di dalam tubuh disimpan di bawah kulit.

Demikian mengenai Tentang karbohidrat dan lemak, semoga menambah pengetahuan anda.

Related For Tentang karbohidrat dan lemak