Enjang.com

Situs Informasi dan Teknologi

Menu

Tentang protein, vitamin dan mineral

21 Mei 2014 | Health

Tentang protein, vitamin dan mineral. Tahukah anda apa itu protein, vitamin dan mineral? Ketiganya sangat penting bagi kesehatan tubuh manusia. Berikut ulasan ketingaya :

Protein

Protein adalah senyawa yang mengandung unsur-unsur C, H, O, N, kadang juga mengandung unsur S dan P. Fungsi protein adalah sebagai penghasil energi, pembangun sel tubuh yang baru, dan pengganti sel tubuh yang rusak.

Protein tersusun oleh molekul asam amino. Ada dua macam asam amino yang diperluukan oleh tubuh, yaitu sebagai berikut :

1. Asam amino esensial, yaitu asam amino yang berasal dari luar tubuh, misalnya sistin, fenilalanin, dan triptofon.

2. Asama amino nonesensial, yaitu asam amino yang dapat disintesis sendiri oleh tubuh, misalnya leusin, valin, lisin, histidin, dan metionin.

Bahan makanan yang mengandung protein ada yang berasal dari hewan dan ada yang dari tumbuhan. Protein hewani, misalnya daging, telur, ikan, susu, dan keju. Protein nabati, misalnya kacang-kacangan. Protein hewani pada umumnya mengandung asam amino esensial yang lebih lengkap daripada protein nabati.

Kelebihan protein tidak dapat disimpan di dalam tubuh, tetapi jika sangat berlebihan dapat diubah menjadi glikogen dan disimpan dalam hati. Kekurangan protein dapat menyebabkan kwashiorkor.

Tentang protein, vitamin dan mineral

Vitamin

Vitamin adalah senyawa kimia yang kompleks, yang sangat diperlukan oleh tubuh walaupun dalam jumlah yang sangat sedikit. Vitamin mempunyai fungsi khusus yang tidak dapat digantikan oleh zat lain. Kekurangan vitamin dapat menyebabkan penyakit hemeralopia (rabun senja), xeroftalmia (kornea mengering).

Vitamin tidak dapat dibuat sendiri oleh tubuh, kecuali vitamin K. Oleh karena itu, kebutuhan vitamin bagi tubuh harus didatangkan dari luar. Di dalam saluran pencernaan vitamin tidak dicerna. Vitamin dapat dibedakan menjadi dua golongan, yaitu :

1. Larut dalam air, misalnya vitamin B dan C.

2. Larut larut dalam lemak atau minyak, misalnya vitamin A, D, E, dan K.

Mineral

Garam-garam mineral sangat penting untuk aktivitas tubuh dan pembentuk jaringan tertentu. Di dalam tubuh mineral-mineral dapat berupa unsur tunggal. Secara sendiri-sendiri maupun berupa senyawa.

Pada umumnya mineral larut dalam air, sehingga mudah diserap oleh usus. Oleh karena itu, garam mineral tidak mengalami pencernaan. Mineral yang diperlukan oleh tubuh antara lain : kalsium, fosfor, natrium, klorin, kalium, magnesium, besi, iodin, dan fluorin.

Related For Tentang protein, vitamin dan mineral