Enjang.com

Situs Informasi dan Teknologi

Menu

Tentang ungkapan atau idiom

21 Januari 2014 | Sastra

Tentang ungkapan atau idiom. Dalam berbahasa, orang ingin mengungkapkan suatu gagasan atau perasaannya. Ada orang yang mengungkapkannya secara langsung supaya apa yang diungkapkan mudah dimengerti orang lain. Misalnya seseorang menulis karya ilmiah, atau seseorang berpidato menguraikan suatu masalah.

Seorang guru dalam menerangkan pelajaran pun akan menggunakan kata-kata atau kalimat-kalimat yang secara langsung mengandung makna sesuai dengan yang dimaksud.

Kita ambil contoh, seseorang ingin menceritakan sesuatu yang dilihatnya. Misalnya ia melihat ada seorang anak yang kaki dan tangannya terikat. Ia akan mengungkapkan apa yang dilihatnya itu dengan kalimat :
“Lihatlah anak itu, kaki dan tangannya diikat”. Atau dengan cara lain : “Lihatlah, kaki tangan anak itu diikat”.

Tidak jarang pula kita temui banyak orang mengungkapkan gagasan dan perasaannya tidak secara langsung. Tetapi menggunakan perbandingan, perlambang atau cara lain yang mengandung makna kiasan atau makna yang tidak sebenarnya. Kata-kata semacam inilah yang dinamakan ungkapan atau idiom.

Hal ini sengaja dipilih untuk menimbulkan efek tertentu pada pembaca atau pendengar. MUngkin supaya dirasa lebih menarik, dirasa lebih indah, lebih segar dan hidup dan sebagaiunya. Ungkapan ini banyak kita jumpai dalam sebuah karya sastra.

Di atas kita mengambil contoh kalimat : “Lihatlah anak itu, kaki dan tangannya diikat”. Anda tentu mengerti bahwa kaki tangan pada kalimat itu mengandung makna sebenarnya, mengacu pada bendanya secara langsung.

Kini coba bandingkan dengan kalimat : “Harap berhati-hati, di dini banyak kaki tangan musuh”. Apa yang terlintas dalam fikiran anda? Apakah kita diingatkan bahwa musuh mempunyai banyak kaki dan banyak tangan?

Si penutur bahasa tadi sebenarnya ingin mengungkapkan agar kita berhati-hati karena di sini banyak antek, orang yang bekerja untuk kepentingan musuh.

Untuk menemukan arti suatu ungkapan kita dapat menggunakan kamus. Tetapi kamus umum tidak memuat ungkapan secara keseluruhan. Untuk keperluan itu kita harus menggunakan jenis kamus yang lain, yaitu kamus ungkapan. Carilah di perpustakaan.

tags:

Related For Tentang ungkapan atau idiom

Recent Post

Pada hari Selasa tanggal 8…
Benign chronic bullous disease of…
Herpes gestationis is a rankling…
Dermatitis herpetiformis is an endless…

Kategori