Enjang.com

Situs Informasi dan Teknologi

Menu

Tentang upacara adat mitoni

19 Juli 2013 | Culture

Tentang upacara adat mitoni. Mitoni merupakan salah satu upacara adat Jawa yang sampai saat ini masih dilakukan oleh masyarakat. Dimana saat ibu hamil menginjak usia kehamilan 7 bulan, maka diadakan upacara mitoni sebagai wujud syukur atas rizky dari Allah swt dan berharap dengan adanya mitoni ini, maka ibu dan si jabang bayi akan selamat.

Namun menurut saya sendiri, sebuah keselamatan, kenikmatan, rizky, ujian , bencana semua itu datangnya dari Allah swt dan segala sesuatu yang menentukan apa yang akan terjadi di dunia ini adalah Allah. Manusia hanyalah makhluk yang diciptakan Allah yang diberikan akal sehingga dapat memilih mana yang sesuai dengan ajaran islam dan mana yang mengarah ke dalam kemusyrikan.

Dan menurut pendapat saya sendiri, mitoni tidak termasuk kedalam ajaran syariat islam. Karena dalam prosesinya telah disisipkan berbagai macam hal-hal yang berarah kemusyrikan seperti, adanya siraman, sesaji dan lain sebagainya.

Memang tujuan dari msyarakat Jawa pada khususnya baik yaitu menyelenggarakan acara yang bertujuan mensyukuri nikmat Allah, namun jika rasa syukur tersebut sudah tidak sesuai dengan ajaran islam maka akan termasuk musyrik, dan akan lebih baiknya tradisi mitoni dengan segala prosesi-prosesinya itu dihilangkan.

Mungkin tradisi mitoni dapat diganti dengan adanya acara syukuran dengan menyelenggarakan acara pengajian, tanpa adanya siraman, sesaji dan lain sebagainya.

Related For Tentang upacara adat mitoni