Enjang.com

Situs Informasi dan Teknologi

Menu

Tips mempelajari artikel tutorial di internet

13 Juni 2012 | Internet

Tips mempelajari artikel tutorial di internet. Dahulu sebelum internet berkembang dengan pesat di negeri kita ini, untuk mencari sebuah tutorial kita mesti mencari dan membelinya ke sebuah toko buku. Namun, rata-rata harga sebuah buku tutorial bisa terbilang mahal. Apalagi buku tutorial tentang komputer, di toko gramedia tempat saya harga sebuah buku minimal 50 ribu rupiah. Maka tak jarang seseorang menghabiskan jutaan rupiah hanya untuk membeli buku-buku tutorial yang dibutuhan.

Setelah internet berkembang pesat di negeri ini, kita tak harus pergi ke toko buku untuk membeli sebuah buku tutorial. Karena di internet telah banyak situs yang membahas tutorial tentang apa saja.

Tetapi saya menyarankan, berhati-hatilah! Mengapa? Tahukah anda bahwa tidak setiap artikel tutorial pada sebuah situs bisa dipertanggung jawabkan kebenarannya? Jawabnya belum tentu.

Saya sebagai seorang blogger seringkali menemui tutorial disebuah situs hanya copy paste dari blog lain. Jika artikel yang disuguhkan adalah sebuah artikel yang tidak mengakibatkan kefatalan tidak menjadikan masalah.

Tetapi jika tutorial tersebut menyangkut hal-hal yang rawan, misal tutorial blogger atau tutorial pemrograman komputer, maka berhati-hatilah sebelum menerapkannya. Karena jika tutorialnya sedikit saja ada kesalahan bisa-bisa berantakan.

Untuk itu kali ini saya memberikan tips yang bisa anda jadikan wacana saat anda mempelajari sebuah artikel di internet. Sebelum mempelajari dan menerapkan sebuah tutorial, ada baiknya anda perhatikan 3 hal di bawah ini:

1. Lihatlah dulu popularitas situs, baik traffick maupun pagerank blog/situs tersebut.

2. Jika situs/blog tersebut menyediakan kolom komentar, perhatikan komentar pembaca dan tanggapan si admin pada artikel tersebut. Biasanya si pembaca akan memberikan komentar pertanyaan jika ada yang tidak dipahami.

Jika si admin bisa memberikan petunjuk dengan baik dan gamblang maka biasanya artikel tersebut original buatannya. Karena sebelum dia membuat artikel dia sudah mempraktekannya.

3.  Carilah artikel tutorial pada blog/situs yang jelas penulisnya. Sebagai referensi anda bisa perhatikan blog tutorial di sebuah blog favorit saya: http://buka-rahasia.blogspot.com

Selama ini setiap saya menerapkan tutorial dari blog tersebut sukses. Andaipun anda kurang paham dan ingin menanyakannya di kolom komentar anda akan dijawab dengan gamblang.

Semoga 3 hal di atas dapat membantu anda pada saat anda mempelajari artikel tutorial pada sebuah situs/blog di internet.

tags:

Related For Tips mempelajari artikel tutorial di internet

Recent Post

Pada hari Selasa tanggal 8…
Benign chronic bullous disease of…
Herpes gestationis is a rankling…
Dermatitis herpetiformis is an endless…

Kategori