Enjang.com

Situs Informasi dan Teknologi

Menu

Tips mencegah kanker leher rahim

13 Juni 2012 | Health

Tips mencegah kanker leher rahim. Kanker leher rahim (CA serviks) merupakan penyakit terpenting dan tersering di antara keganasan penyakit lain pada wanita. Penyakit ini dapat dihindari dengan melakukan pemeriksaan pap-smear secara rutin, terutama bagi mereka yang digolongkan beresiko tinggi terhadap keganasan serviks.

Mereka itu adalah wanita yang telah melakukan hubungan suami istri pada usia kurang dari 20 tahun, mempunyai partner yang berganti-ganti, mempunyai banyak anak, berasal dari golongan sosio ekonomi rendah dan mereka yang banyak merokok.

Pemeriksaan pap-smear sebaiknya mulai dilakukan setiap 6 bulan sejak usia 20 tahun atau sejak mulainya hubungan pertama. Pemeriksaan pap-smear begitu sederhana, mudah, tidak sakit dan mempuyai ketepatan yang tinggi dalam mendeteksi adanya keganasan serviks. Pemeriksaan ini dapat dilakukan di puskesmas, maupun praktek dokter.

Pada usia 30 sampai 40 tahun biasanya kanker yang ditemukan masih dini, tetapi pada usia 40 sampai 50 tahun kanker umumnya sudah mulai menyebar. Meskipun demikian tidak jarang ditemukan kanker yang sudah menyebar pada usia 30 tahun.

Jika hasil pap-smear positif biasanya dilanjutkan dengan pemeriksaan kolposkopi ataupun biopsi untuk membantu kepastian adanya keganasan. Sedangkan jika hasilnya negatif, pemeriksaan di ulang 6 bulan lagi. Bagi stadium kanker yang masih sangat dini biasanya cukup dilakukan tindakan yang ringan dengan masih mempertahankan adanya rahim.

Namun, pada stadium yang lanjut selain proses operasi pengangkatan seluruh rahim, juga penyinaran. Makin lanjut penyakit, makin kecil kemampuan wanita untuk dapat bertahan terhadap kanker, meskipun segala prosedur tindakan telah dijalani.

Related For Tips mencegah kanker leher rahim