Enjang.com

Situs Informasi dan Teknologi

Menu

Tips mengatasi nyeri haid

1 April 2013 | Health

Tips mengatasi nyeri haid. Mulas dan nyeri sewaktu haid (dysmenorhea) merupakan derita klasik pada banyak wanita. Anda salah satu di antaranya? Menurut penelitian pada ahli kesehatan, tips di bawah ini dapat anda praktekkan, paling tidak untuk mengurangi siksaan tersebut.

Pada umumnya rasa nyeri terjadi akibat perubahan hormonal pada tubuh. Rasa sakit juga bisa terpicu oleh berbagai penyebab umum. Pemicu yang paling sering adalah ketegangan mental, stres, kurang tidur, dan udara dingin. Terlebih kalai hal-hal ini terjadi menjelang haid dimulai.

Ada 2 jenis dysmenorhea. Jenis utama adalah bawaan tanpa adanya kelainan-kelainan pada alat-alat kelamin. Artinya, peristiwa ini terjadi secara alamiah. Yang ke 2, rasa sakit akibat adanya kelinan pada alat-alat kelamin. Jenis ini harus diwaspadai.

Kelainan-kelainan tersebut bisa akibat peradagan pada leher rahim, adanya tumor pada rahim atau indng telur, atau mungkin karena penumbatan pada saluran rahim. Nah, untuk mengatasi hal-hal tersebut berikut tipsnya:
1. Untuk melenyapkan atau mengurangi rasa sakit haid, gunakan pemanasan untuk melancarkan peredaran darah di sekitar pinggul. Jika darah haid sudah mulai mengalir, maka rasa sakit akan menghilang. Kecuali jika ada penyumbatan yang menimbulkan gangguan.

2.  Dua hari sebelum masa haid, cobalah kurangi kegiatan kerja dan perbanyak istirahat. Mandi/berendam dalam air hangat setengah jam setiap sore sangat baik untuk dilakukan.

3. Jika haid sudah mulai, istirahatlah di tempat tidur. Gunakan botol air hangat pada kaki dan perut bagian bawah.
4. Gunakan pencahar air garam (saline enerma) hangat untuk menguras perut dan mengurangi rasa sakit.
5, Jika rasa sakit masih terasa, mintalah nasihat dokter. Siapa tahu ada penyumbatan. Jika itu yang terjadi, pembedahan yang harus anda jalani untuk mengatasinya. Atau dokter akan memberikan obat penenang untuk melenyapkan nyaeri.

Demikian tips mengatasi nyeri haid, semoga mambantu.

Related For Tips mengatasi nyeri haid