Enjang.com

Situs Informasi dan Teknologi

Menu

Tips pencegahan stroke

2 April 2013 | Health

Tips pencegahan stroke. Di dunia ini tidak ada yang lebih menguras tenaga selain dipancung dalam masa keemasan oleh stroke, kehancuran bagian otak disebabkan oleh tersumbatnya aliran darah di sekitarnya. Bahkan serangan yang ringan saja mampu membuat orang mengalami kelumpuhan, kebutaan dan tidak bisa bicara.

Penyakit jantung koroner (penyakit jantung dan pembuluh darah) sudah masuk dalam 4 besar penyakit penyebab kematian di dunia. Di Indonesia, saat ini penyakit jantung koroner (PJK) sudah menjadi pembunuh nomor satu di daerah perkotaan.

Pada tahun 1993 saja tercatat 650.000 penduduk Indonesia meninggal karena penyakit ini. Itu berarti satu orang setiap 1 menit meninggal karena PJK. Padahal, seharusnya lebih dari separuh kematian-kematian itu dapat dicegah dengan mudah.

Kajian baru menunjukkan bahwa meminum obat (aspirin) dengan dosis tetap terutama sekali jika anda memiliki keturunan yang bermasalah pada jantung atau sirkulasi darah akan memberikan perlindungan terhadap stroke. Aspirin membantu menjaga pembuluh darah arteri dari penyumbatan dan pemblokiran aliran darah ke otak atau ke jantung.

Untuk mendapatkan manfaat ini, dosis aspirin yang dianjurkan para ahli hanya 30 sampai 80 mg saja. Untuk itu, kita bisa menanyakan hal tersebut kepada dokter anda sebelum meminumnya secara tetap. Dari hasil penelitian, efek pencegahan akan lebih besar jika anda meminum dosis 81 mg setiap hari atau 2x sehari.

Sebagai tambahan untuk perlindungan terhadap jantung, beberapa kajian menyarankan bahwa meminum aspirin secara teratur dapat mengurangi resiko kanker usus besar dan katarak, melindungi dari batu empedu, dan menaikkan 3 sistem kekebalan kimiawi yang penting.

Oleh karena tekanan darah tinggi merupakan penyebab stroke yang utama, anda dapat membantu melindungi diri dengan tetap mengontrol tekanan darah anda sesering mungkin. Kajian yang belum lama ini dilakukan menemukan bahwa tekanan sistolik (angka tertinggi) merupakan peramal atau resiko terjadinya stroke yang lebih tepat dibandingkan angka diastolik (angka yang berada dibawah).

Related For Tips pencegahan stroke

Recent Post

Pada hari Selasa tanggal 8…
Benign chronic bullous disease of…
Herpes gestationis is a rankling…
Dermatitis herpetiformis is an endless…

Kategori