Enjang.com

Situs Informasi dan Teknologi

Menu

Unsur ekstrinsik novel Harimau! Harimau! karya Mochtar Lubis

24 Februari 2014 | Sastra

Unsur ekstrinsik novel Harimau! Harimau! karya Mochtar Lubis. Mochtar Lubis adalah seorang pengarang yang juga seorang jurnalis, seorang wartawan. Gaya kewartawanannya terlihat jelas dalam novelnya yang berjudul Harimau! Harimau!.

Novel yang mengambil setting cerita di hutan Sumatera ini melukiskan orang-orang dan kebudayaannya di desa yang masih serba sederhana dan penuh dengan takhayul. Dan pengambilan daerah hutan sebagai setting memang tepat, bukanlah hutan rimba masih menyimpan berjuta misteri?

Unsur ekstrinsik novel ini yaitu khususnya yang berhubungan dengan kondisi kemasyarakatan, tidak lepas dari masalah ketidakadilan, masalah penindasan terhadap kaum lemah, dan hati nurani.

Mochtar Lubis adalah seorang Indonesia yang pernah mendapat hadiah Magsaysay dari Filipina karena jasa-jasanya di bidang kemanusiaan, membela kebenaran dan memperjuangkan nasib kaum lemah terhadap penindasan dan ketidakadilan.

Harimau! Harimau! tak pelak lagi merupakan kritik sosial politik terhadap masyarakat. Hal ini sedikit banyak dipengaruhi oleh pribadi pengarangnya yang memang selalu berkecimpung dalam masalah-masalah politik dan sosial.

Sehingga walaupun novel ini mengambil setting di hutan-hutan, namun sebenarnya tidak lepas dari pengungkapan kehidupan para pemimpin yang sewenang-wenang, yang lalim dan tidak adil menurut pengarang.

Harimau adalah simbol kesewenangan dalam hati manusia yang harus dibunuh, untuk dapat menjadi manusia sejati yang mencintai sesamanya. Harimau adalah simbol pemimpin besar dan berwibawa tetapi sebenarnya palsu.

tags:

Related For Unsur ekstrinsik novel Harimau! Harimau! karya Mochtar Lubis