Enjang.com

Situs Informasi dan Teknologi

Menu

Windows update dan solusinya

20 Juni 2014 | Komputer

Windows update dan solusinya. Sebelumnya saya telah membahas sekilas bagaimana mengaktifkan windows update pada vista. Untuk kali ini, saya akan mencoba membahas lebih detail tentang tool recovery tersebut. Windows update tidak lain adalah katalog sofware-sofware yang bisa di-update secara otomatis, tentunya komputer kita harus terkoneksi dengan internet. Produk-produk terbaru internet dapat kita download untuk mebuat komputer tetap up-to-date.

Windows update bekerja memindai komputer untuk mencari file-file sistem yang kadaluwarsa, lalu menyarankan kita untuk menggantinya dengan versi-versi terbaru yang diketahui saat itu. Mari kita bahas satu persatu secara lebih gamblang tentang windows update vista.

Mengaktifkan automatic updating

Adalah penting menset windows untuk mengunstal dan mengupdate sendiri driver-driver secara otomatis. Ini akan meringankan pekerjaan kita dalam mengupdate driver-driver ke versi tersebut. Untuk mengaktifkan automatic update caranya sebagai berikut:

1. Klik tombol Start > All Program, lalu pilih Windows Update.

2. Pada panel kiri, klik Change settings.

3. Klik Install automatically (recommended).

4. Di bawah Recommended updates, seleksi kotak cek Include recommended updates when download, installing, or notifying me about updates.

5. Klik OK untuk mengakhiri.

Menset windows update untuk mengecek driver

Setelah menset windows untuk menginstal dan mengupdate driver-driver secara otomatis, kita juga dapat mengecek update driver dengan windows update, caranya:

1. Buka Windows Update.

2. Pada panel kiri, klik Check for updates.

3. Untuk mengetahui apakah update driver-driver tersedia untuk peranti-peranti kita, klik View available updates.

4. Jika update tersedia, seleksi driver yang ingin kita instal, dan klik tombol Install.

Namun, tak jarang update-update yang sudah diinstal tetapi tidak sukses. Kasus ini bisa terjadi jika beberapa hal tidak terpenuhi, yaitu:

A. Apakah kita menyetujui pernyataan lisensi (Microsoft Sofware License Terms)?

Untuk mengatasi hal ini, install kembali update tersebut dan pastikan kita menyetujui pernyataan lisensi yang ditampilkan. Caranya sebagai berikut :

1. Klik Start > All Program > Windows Update.

2. Perhatikan apakah di sana terdapat pesan error.

3. Jika ditemukan pesan error menyangkut license terms atau proses update di cancel, klik Try again, dan tunggu hingga kita dipersilahkan me-review pernyataan lisensi.

4. Pilih setuju (accept) terhadap lisensi tersebut dan tunggu hingga proses update sukses terinstal.

B. Apakah tersedia spasi disk kosong yang mencukupi untuk mengistal update?

Gagalnya instalasi update dapat juga disebabkan tidak tersedianya ruang disk pada komputer. Untuk itu, solusi yang tepat adalah dngan menambah hardisk baru. Sebagai solusi darurat untuk memperoleh ruang disk, lakukan uninstal program yang tak penting. Hapus file-file temporer internet, hapus file-file yang anda anggap tidak penting dan kososngkan Recycle Bin. Kemudian coba instal kembali update-updatenya.

C. Apakah kita membatalkan proses instalasi atau men-disconect internet?

Jika memang kita membatalkan instalasi, cukup periksa update dan instal kembali update yang terinterupsi.

Itulah beberapa solusi yang bisa kita tempuh saat instalasi update-update gagal. Namun, jika solusi-solusi ini tidak membantu, mungkin harus mereview pesan-pesan error yang ditampilkan dalam jendela Windows Update untuk mengetahui penyebabnya. Caranya: Klik Start > All Program > Windows Update.

Jika error memang terjadi, pesan akan ditampilkan dengan sebuah kode error. Kode ini dapat kita telusuri pemecahannya dengan melakukan searching online pada situs Microsoft atau mesin-mesin pencari seperti Google.

Namun, ada kemungkinan ada salah satu update yang tidak diinginkan untuk diinstall, kita dapat menyembunyikan (hide) update tersebut, dengan demikian Windows Update tidak lagi menawarkan update kepada kita hingga kita memilih restore untuknya.

Masalah-masalah yang mungkin terjadi

Sebuah update sudah disembunyikan, tetapi sekarang ingin menginstalnya lagi, apa yang harus kita lakukan?

Pertama kita harus me-restore update tersebut ke daftar update kemudian menginstalnya. Langkahnya:

1. Klik Start > All Program. > windows Update.

2. Pada panel kiri , klik Restore hidden updates.

3. Pilih update yang ingin kita install dan klik Restore. Berikan password jika diminta.

4. Windows akan secara otomatis mengecek update-update dan mempersilahkan kita menginstal update yang direstore beserta update-update baru yang mungkin tersedia.

Update-update tersembunyi sudah direstore tetapi tidak ditemukan saat ingin diinstal. Ini terjadi karena update tersebut mingkin bermasalah, windows hanya menawarkan update yang terkini saja.

Komputer minta direstart untuk menyelesaikan update.

Beberapa update mungkin membutuhkan file-file atau layanan yang digunakan windows saat ini. Tipe-tipe update ini tidak bisa diinstal selama windows berjalan, sehingga kita harus menyimpan pekerjaan dan merestart komputer. Pross update akan dilanjutkan hingga finish.

Update driver sudah diinstal tetapi peranti menjadi tidak bekerja

Jika peranti menjadi tidak berfungsi stelah dilakukan update driver, kita perlu kembali ke versi driver sebelumnya. Selanjutnya cek ke website pembuat untuk melihat informasi dan memperoleh driver terbaru.

Demikian pembahasan mengenai Windows update dan solusinya, semoga membantu.

Related For Windows update dan solusinya